• Banjir Palembang Diseminarkan

    0
    Banjir Palembang Diseminarkan

    Banjir Palembang Diseminarkan

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Memperingati Hari Air Sedunia atau World Water Day Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait serta Komunitas Masyarakat Peduli Banjir (KMPB) mengikuti seminar sehari yang bertemakan Pengendalian Banjir di Kota Palembang Dengan Pengelolaan Ekosistem Perkotaan Untuk Menunjang Keberlangsungan Hidup yang dilaksanakan di Ruang Rapat Parameswara Setda Kota Palembang, Selasa (22/3/2016).

    Asisten II Pemerintahan, Hardayanti mengemukakan penyebab terjadinya banjir atau genangan air  disebabkan karena tinggi nya intensitas hujan serta didukung oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya fungsi bangunan drainase.

    “Banyak penyebab terjadinya banjir salah satu penyebabnya karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya fungsi drainase seperti mendirikan bangunan, jaringan utilitas (kabel optik, pipa gas, kabel telkom dan kabel PLN) di saluran drainase sehingga mengganggu aliran air dan mengurangi kapasitas saluran,” ungkapnya.

    Selain itu masih banyak lagi penyebabnya, lanjut Hardayanti seperti limbah cair/padat yang dihasilkan oleh rumah makan dan hotel yang tidak diolah dan langsung dibuang ke saluran drainase.

    “Dan juga dangkalnya sungai dan saluran akibat dari sedimentasi, membangun rumah tanpa mempertimbangkan muka air banjir  serta perubahan tata guna lahan yang menyebabkan berkurangnya daerah tampungan dan resapan air berpengaruh terhadap terjadinya banjir,” tukasnya.

    Dalam peringatan hari air sedunia yang berlansung di ruang rapat Parameswara ini dihadiri puluhan peserta mulai dari pejabat pemkot hingga komunitas dan mahasiswa serta masyarakat peduli banjir kota Palembang.

    Peringatan hari air sedunia ini diiisi dengan seminar dengan tema Pengendalian Banjir di Kota Palembang dengan Pengelolaan Ekosistem Perkotaan untuk Menunjang Keberlangsungan Hidup.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com