• Banjir-Longsor Landa Lima Kecamatan Di Agam

    0

    Lubuk Basung,jurnalsumatra.com- Sebanyak lima dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat dilanda banjir, longsor dan pohon tumbang akibat curah hujan sangat tinggi melanda daerah itu pada Senin (21/3) malam hingga Selasa.
    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Yunaidi di Lubuk Basung, mengatakan, bencana longsor terjadi di dua lokasi dengan ketinggihan 50 centimeter dan panjang enam meter terjadi di Fanta, Nagari Matur Mudik, Kecamatan Matur.
    Lalu, dua titik longsor terjadi di Nagari Malalak Timur dan Malalak Selatan, Kecamatan Malalak. Sedangkan pohon tumbang menutup jalan di Sungai Landia, Kecamatan Ampek Koto.
    Sementara banjir merendam 70 unit rumah dengan ketingihan 50 centimeter sampai 70 sentimeter di Gasan Kaciak, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara.
    Banjir juga merendam jalan di Kampuang Pisang, Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, dengan ketingihan sekitar satu meter .
    “Air naik pada Selasa sekitar pukul 4.00 WIB. Warga dengan jumlah 280 jiwa di Gasan Kaciak masih bertahan di rumahnya dan saat ini air sudah mulai berkurang,” ujarnya.
    Ia menambahkan, ini masih data sementara, karena anggota Satgas BPBD setempat masih melakukan pendataan di lapangan.
    “Tidak ada korban jiwa akibat banjir, longsor dan pohon tumbang melanda daerah itu. Sementara total kerugian sedang didata oleh intansi terkait,” sebutnya.
    Dengan kondisi ini, ia mengimbau warga yang tinggal di daerah perbukitan, dataran rendah dan lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan.
    Salah seorang warga Gasan Kaciak, Syamsul (38) menambahkan saat ini air sudah mulai berkurang dan warga sudah membersihkan rumah mereka.
    “Warga sudah mulai membersihkan rumah dari lumpur,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com