• Bandara Muhammad Sidik Ditargetkan Operasional Akhir 2016

    0

         Muara Teweh, jurnalsumatra.com – Kementerian Perhubungan menargetkan Bandar Udara Haji Muhammad Sidik di Desa Trinsing, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mulai operasional akhir 2016.
    Meski belum selesai 100 persen, namun pemerintah pusat menargetkan akhir tahun ini bandara tersebut sudah bisa didarati penerbangan pesawat komersial, kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Barito Utara, Iwan Fikri di Muara Teweh, Kamis.
    Menurut Iwan, pihaknya baru saja bertemu Kementerian Perhubungan di Jakarta untuk penyerahan berkas aset Bandara Haji Muhammad Sidik dan pembahasan usulan APBN Perubahan 2016 untuk pembangunan Bandara melalui APBN.
    Proyek pembangunan bandara itu antara lain  pembersihan lahan, rencana tata ruang bandara, pintu gerbang, plang nama bandara dan lampu-lampu bandara, sedangkan melalui APBN Perubahan pada Mei 2016 nanti pembangunan apron/terminal, penyelesaian landasan pacu, pemotongan (lahan yang tinggi dan kelengkapan navigasi.

        “Pembangunan bandara ini ditargetkan selesai keseluruhan pada tahun depan, karena target Presiden Jokowi tahun 2017/2018 harus sudah selesai dan akan diresmikan oleh Presiden,” kata dia.
    Iwan mengatakan untuk pembangunan bandara baru untuk menggantikan bandara lama Bandara Beringin Muara Teweh ini pada tahun 2016 ini melalui APBD kemungkinan hanya pembangunan lanjutan jalan dan pagar menuju bandara oleh Dinas Pekerjaan Umum Barito Utara.
    “Kalo dari kami (Dinas Perhubunga) tahun ini tidak ada alokasi untuk kegiatan pembangunan bandara tersebut,” ujarnya.
    Bandara baru itu berada di lahan seluas 180 hektare dan memiliki panjang landasan 2.250 meter dan lebar landasan pacu seluas 30 meter.
    Beroperasinya bandara baru tersebut nantinya diharapkan akan membuka akses jalur udara guna menghubungkan Kota Muara Teweh ke beberapa kota besar di Indonesia sebab bandara ini nantinya akan menjadi bandara nasional.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com