• Bali Usulkan Penambahan 200 “Converter Kit”

    0

          Denpasar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Bali pada 2016 mengusulkan penambahan sebanyak 200 “converter kit” atau alat untuk mengubah sistem  bahan bakar mesin di kendaraan untuk mendukung lebih banyak penggunaan kendaraan berbahan bakar gas di Pulau Dewata.
    “Kami sudah bersurat ke pemerintah pusat untuk permintaan converter kit ini, tetapi sampai saat ini kami masih menunggu respons terkait usulan itu,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali Gede Suarjana, di Denpasar, Senin.
    Menurut Suarjana, jika usulan itu disetujui pemerintah pusat, converter kit tersebut tidak hanya diberikan untuk kendaraan pemerintah, tetapi juga kepada kalangan swasta dan pariwisata.
    “Hingga 2015, ada sekitar 15 kendaraan Pemprov Bali yang sudah menggunakan bahan bakar gas. Selain digunakan di Badan Lingkungan Hidup, kendaraan bahan bakar gas juga digunakan oleh Gubernur, Wagub, Sekda Bali dan Inspektorat serta beberapa pimpinan SKPD lainnya,” ucapnya.
    Suarjana menambahkan, banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunanaan bahan bakar gas seperti lebih ramah lingkungan, pembakaran sempurna, bebas sulfur dan timbal, memperpanjang siklus penggantian pelumas dan sebagainya.
    “Dari sisi ekonomis, jika dibandingkan dengan premium juga akan lebih hemat,” katanya.
    Dia mencontohkan, untuk asumsi jarak tempuh perhari 200 kilometer dengan asumsi konsumsi bahan bakar 20 liter, maka akan ada penghematan hingga Rp46 ribu perhari yakni didapat dari selisih harga Rp2.300 perliter. (Harga premium Rp7.400-harga BBG Rp5.100 perliter) dikalikan 20 liter.
    Dalam sebulan, lanjut dia, akan ada penghematan Rp1.380.000 (30xRp46 ribu) dan dalam setahun berarti lebih hemat Rp16,56 juta.
    Penggunaan bahan bakar gas, lanjut dia, juga termasuk aman karena tabung dan converter kit telah mempunyai standar keselamatan internasional.
    “Dengan lebih banyak kendaraan berbahan bakar gas juga mendukung program Bali Clean and Green dan juga sejalan dengan upaya Bali yang akan dijadikan percontohan Bali dalam penggunaan energi bersih dan terbarukan,” ucap Suarjana.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com