• Bali Optimalkan Desa Wisata Upaya Pemerataan Ekonomi

    0

         Denpasar, jurnalsumatra.com – Dinas Pariwisata Provinsi Bali, mengoptimalkan pengembangan dan promosi 100 desa wisata untuk wisatawan mancanegara dalam mengupayakan pemerataan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan.
    Dengan upaya membuat atraksi menarik yang dikembangan di desa wisata, diharapkan ada ciri khas dan keunikan tersindiri yang dimiliki desa wisata itu yang menjadi daya tarik wisatawan, kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA Gede Yuniartha Putra, di Denpasar, Sabtu.

         Ia mengakui, upaya pengembangkan 100 desa wisata tersebut juga sebagai langkah strategis dalam pemerataan destinasi wisata di Pulau Dewata yang tidak terfokus di kawasan Badung Selatan seperti Kuta dan Nusa Dua.
    Yuniarta menyebutkan atraksi yang diharapkan menjadi daya tarik wisatawan yakni menanam padi, memanen padi disawah, memetik kopi di kawasan perkebunan di desa wisata sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi pariwisata di pedesaan.
    “Saya berharap peran desa wisata dalam berpartisipasi pengembangan pariwisata dapat mendukung pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan,” katanya.

         Namun, dalam melakukan pengembangan destinasi wisata itu, perlu adanya “home stay” (penginapan) untuk wisatawan agar lebih lama menginap di desa wisata itu.
    Selain itu, perlu adanya inovasi pengembangan desa wisata dengan membuat atraksi unik di kawasan itu sehingga wisatawan mancanegara betah untuk lama tingga di desa wisata tersebut.
    Ia menambahkan dari 100 desa wisata yang ada di Bali, pihaknya mengakui sudah melakukan pembinaan. Selain itu, akan ada 11 penambahan desa wisata baru yang akan dilakukan pembinaan.

         Selanjutnya, kendala yang sering dikeluhkan wisatawan berkunjung ke desa wisata yakni perlu adanya infrastruktur yang memadai, seperti banyaknya jalan yang rusak menuju kawasan desa wisata.
    “Pemprov Bali akan segera membantu pembenahan jalan yang rusak dimasing-masing kabupaten, sehingga wisatawan yang mengunjungi desa wisata merasa nyaman,” ujarnya.
    Ke depannya, Pemprov Bali akan membantu perbaikan sejumlah destinasi wisata agar tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali terus mengalami peningkatan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com