• BABEL Kekurangan Perahu Karet Evakuasi Korban Banjir

    0

    Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, masih kekurangan perahu karet sehingga petugas kesulitan melakukan percepatan evakuasi korban banjir dan kecelakaan kapal laut.
    “Saat ini kita hanya memiliki 15 unit perahu atau masih kurang memadai untuk percepatan evakuasi korban bencana alam,” kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Najamudin di Pangkalpinang, Jumat.
    Ia mengatakan untuk mengatasi kekurangan peralatan evakuasi korban bencana alam itu, pihaknya harus meminta bantuan kepada instansi lainnya, seperti Dinas Sosial, TNI, Polri dan instansi lainnya.
    “Kita memperkuat koordinasi dengan instansi lainnya untuk mengevakuasi korban banjir skala besar,” ujarnya.
    Misalnya kejadian banjir besar pada Senin (8/2) hingga Selasa (9/2) di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan, BPBD harus meminta bantuan perahu karet untuk mengevakuasi ribuan korban banjir di Pulau Bangka itu.
    “Saat bencana banjir kita berupaya memanfaatkan peralatan secara baik dalam memaskimalkan upaya penanggulangan bencana, mengevakuasi dan memberikan bantuan korban,” ujarnya.
    Menurut dia ideal perahu karet yang dimiliki sebanyak 50 unit, sehingga penanggulangan, evakuasi dan penyaluran bantuan kepada korban banjir lebih maksimal.
    “Pada tahun ini kita telah mengajukan penambahan peralatan penanggulangan bencana ke pusat, guna mengatasi masalah dalam mengevakuasi korban bencana alam,” ujarnya.
    Ia berharap bantuan pemerintah pusat sangat dibutuhkan, agar jika terjadi bencana, upaya penanggulangan bisa sangat maksimal.
    “Pada banjir bulan lalu, banyak korban banjir yang kecewa karena lambat penanganan korban banjir. Pada hal kita sudah berupaya semaksimal mungkin dengan mengevakuasi, membantu korban banjir selama 24 jam,” ujarnya. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com