• Api Kartini Minta Kekerasan Terhadap Perempuan Dihentikan

    0

    Pematangsiantar, Sumut, jurnalsumatra.com – Puluhan pemuda di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, yang tergabung dalam wadah Aksi Perempuan Indonesia (API) Kartini, membagikan brosur memperingati Hari Perempuan Sedunia tahun 2016, Selasa.
    API Kartini juga menyampaikan aspirasi ke kantor Walikota di Jalan Merdeka dan gedung DPRD di Jalan H Adam Malik, meminta kekerasan terhadap perempuan dihentikan.
    Mereka mengajak elemen masyarakat menghentikan praktik kekerasan serta diskriminasi terhadap perempuan dan anak.
    Massa meminta komitmen eksekutif dan legislatif untuk lebih memberdayakan peran kaum perempuan dalam pemerintahan dan sosial kemasyarakat.
    Menurut Ketua Umum DPP API Kartini, Minaria Christyn Natalia Saragih, perempuan belum mendapatkan hak dan perlindungan yang layak.
    Kekerasan seksual cenderung meningkat, karena kemiskinan akibat minimnya pendidikan dan akses sumber daya.
    Untuk upaya ini, API Kartini mengusulkan Pemkot membentuk badan atau lembaga spesifik (khusus) untuk menampung keluhan permasalahan kaum perempuan.
    Ketua DPRD, Eliakim Simanjuntak menyampaikan apresiasi dengan sikap pemuda dan siap memperjuangkan hak-hak perempuan.
    Politisi Partai Demokrat itu berharap, masyarakat proaktif memberikan informasi terkait permasalahan yang terjadi melalui Komisi I yang membidangi perempuan.
    Eliakim juga meminta anggota legislator membuat program untuk pemberdayaan kaum perempuan, supaya bisa dianggarkan dalam APBD.
    “Anggaplah gedung DPRD sebagai rumah aspirasi kaum perempuan,” ujar Eliakim.
    Sementara Anggota legislator, Nurlela Sikumbang mengajak kaum perempuan untuk menjaga harga diri, dan menunjukkan kemampuan.
    “Kedudukan kita (kaum perempuan) sejajar dengan laki-laki,” kata politisi Partai Amanat Nasional itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com