• 82 Persen Balita Di Inhil Sudah Diimunisasi

    0

    Tembilahan, jurnalsumatra.com – Sebanyak 82 persen dari 69.242 balita yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau telah mendapatkan imunisasi polio yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia sejak 8 hingga 15 Maret 2016.
    “Kita mengimbau orang tua yang memiliki balita dan belum mendapatkan imunisasi agar segera ke Puskesmas atau Posyandu terdekat,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Saut Pakpahan di Tembilahan, Sabtu.
    Dia mengatakan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional PIN Polio di Kabupaten Indragiri Hilir sejauh ini berjalan lancar tanpa terhambat oleh kendala yang berarti.
    “Namun, meski demikian, beberapa kendala memang ditemukan, tetapi telah dapat ditangani,” ujarnya.
    Ia mengungkapkan salah satu kendala yang dihadapi masyarakat yaitu masih minimnya infrastruktur dan alat transportasi di daerah itu.
    “Sebagian besar wilayah Indragiri Hilir ini merupakan perairan, banyak masyarakat yang tinggal di bagian seberang kota dan Parit sehingga keberadaan transportasi yang melewati dusun-dusun itu bergantung pada pasang surut air sungai,” terangnya.
    Dia menyampaikan untuk mengatasi hal ini tim medis kesehatan setempat telah melakukan Sweeping atau langsung mendatangi rumah masyarakat yang memiliki balita.
    Indragiri Hilir telah menyiapkan Pos pelayanan polio yang terdiri dari 600 Posyandu dan 50 pos tambahan khusus untuk Polio.
    Pos tambahan ini telah dibangun di berbagai tempat strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat seperti di terminal, pasar, dan pelabuhan serta di wilayah stategis lainnya sesuai dengan geografis Indragiri Hilir.
    “Kegiatan ini akan dilakukan oleh sekitar 3.500 tenaga kesehatan dan kader Posyandu serta PKK kecamatan maupun desa,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com