• 41 Perusahaan Langkat Diusulkan K3 “Zero Accident”

    0

        Langkat, Sumut, jurnalsumatra.com – Terdapat 41 perusahaan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, diusulkan menerima penghargaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) “zero accident” ke Kementerian Tenaga Kerja untuk mendapat penilaian yang dilakukan oleh tim independen.
    Pengusulan ini dilakukan terhadap perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan dan industri, kata Bupati Kabupaten Langkat Ngogesa Sitepu, disampaikan Wakil Bupati Sulistianto, di Stabat, Senin.
    Wakil Bupati menjelaskan dalam pembangunan ketenagakerjaan pemerintah telah menetapkan kebijakan dan strategi secara makro maupun mikro.
    Hal ini membawa konsekwensi logis kepada Pemkab Langkat, untuk melakukan perluasan tenaga kerja.
    Untuk itu optimalisasi lembaga pelatihan, lembaga pendidikan harus terus dilakukan guna menciptakan kualitas SDM yang kompeten, produktif dan berdaya saing.
    K3 merupakan salah satu indikator dan aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan, disamping perlindungan pengupahan, jaminan sosial, kebebasan berserikat, hubungan kerja dan lainnya, yang dapat mendorong perluasan kesempatan kerja.
    Kondusifitas kerja antara pekerja, pengusaha dan masyarakat perlu terus dipupuk dan terus ditingkatkan, sambungnya.
    Sekarang ini suasana ketenagakerjaan di Langkat sangatlah kondusif, bila dibandingkan dengan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara khususnya dan Indonesia umumnya.
    “Kita bangga dengan kerja sama yang digagas Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Langkat dengan perusahaan yang ada di Batam dan beberapa perusahaan di Malaysia, Jepang, Korea, China bahkan beberapa negara di Timur Tengah,” ungkapnya.
    Kesemuanya itu merupakan upaya untuk menurunkan angka pengangguran yang akan membawa implikasi menurunnya masyarakat miskin di daerah ini.
    Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Syaiful Abdi menjelaskan instansi sejauh ini terus melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang ada di Langkat, guna meningkatkan kualitas hidup manusia akan semakin membaik dengan penerapan K3.
    “Kita berharap ke 41 perusahaan yang diusulkan itu nantinya akan bisa meraih penghargaan K3 Zeo Accident dan ini meningkat dari tahun sebelumnya,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com