• 399 Siswa Indragiri Hilir Akan Ikuti UNBK

    0

    Tembilahan, jurnalsumatra.com – Sebanyak 399 dari 6.880 siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau yang disebut juga Computer Based Test (CBT).
    “UNBK ini adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir Suwardi di Tembilahan, Senin.
    Ia mengungkapkan 399 orang itu merupakan siswa dan siswi yang bersekolah di SMK Negeri 1 Tembilahan.
    “Ada 150 unit komputer yang sudah disediakan, kemudian untuk operator yang sudah dilatih juga ada dua orang,” paparnya.
    Ia meenerangkan bahwa nantinya ujian akan dilakukan secara bergantian atau dengan shif dan dilaksanakan sekitar sepekan.
    “Salah satu persiapan yang telah dilakukan oleh dinas pendidikan Indragiri Hilir untuk menghadapi UNBK ini adalah dengan mengadakan simulasi beberapa kali dengan para siswa,” terangnya.
    Selain itu, lanjutnya, dinas pendidikan juga telah mensosialisasikan UNBK ini kepada orangtua siswa.
    “Penerapan UNBK di Indragiri Hilir ini merupakan yang pertama, karena tahun sebelumnya sarana maupun prasarana untuk melakukan UNBK belum cukup memadai,” jelasnya.
    Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
    Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com