• Mahasiswa Stikes Muhamadiyah PKLT di Desa Batu Ampar Baru

    0

    Mahasiswa Stikes Muhamadiyah PKLT di Desa Batu Ampar BaruKAYUAGUNG, jurnalsumatra.com – Mahasiswa   Stikes Muhamadiyah Palembang  yang tergabung dalam  3 program studi,  yaitu DIII Kebidanan, D III Keperawatan dan DIII Kesehatan Lingkungan  Melaksanakan Program Praktik Kerja Lapangan Terpadu  (PKLT ) di desa Batu Ampar Baru kecamatan Sirah Pulau Padang kabupaten Ogan Komering  Ilir (OKI).l sejak  07 hingga 28 maret mendatang.

    Menurut Ketua Kelompok 6, Candra Setiawan dan kawan-kawan mengatakan, kegiatan ini merupakan tugas para mahasiswa Stikes Muhamadiyah yang tergabung dari tiga program studi. Untuk terjun ke masyarakat, mengenal lebih dekat  tentang kehidupan di masyarakat.

    Kegiatan yang pertama dilakukan oleh para mahasiswa ini adalah  mengadakan  Pertemuan Tingkat Desa yang berlangsung di Masjid Al- Ikhlas Desa Batu  Ampar Baru,
    Selanjutnya kegiatan para mahasiswa ini  melakukan survey, dan melakukan pendataan tentang masalah  kesehatan yang timbul dimasyarakat.  Dan dari hasil pendataan kemudian dipecahkan secara bersama melalui MMD(Musyawarah Masyarakat Desa).

    Hasilnya, mahasiswa melakukan kegiatan penyuluhan dan demonstrasi atas kasus masalah kesehatan yang terjadi. Masyarakat hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut dan ini merupakan salah satu  langkah pemecahan masalah untuk dapat meningkatkan kesehatan masyarakat Batu Ampar Baru.

    “Pelaksanaan PKL ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan dari bangku kuliah kepada masyarakat sekaligus menimba pengalaman dan pengetahuan baru, dan moment ini sangat signifikan dengan caturdarma perguruan tinggi Muhammadiyah yaitu mewujudkan kampus sebagai pusat pendidikan, kampus sebagai pusat penelitian, kampus sebagai pusat pengembangan pengabdian kepada masyarakat dan kampus sebagai pengembangan Islam dan Kemuhammadiyahan,” terang Riska Marlin, SST.,M.Kes dan Zairinayanti. SKM.,M.Kes selaku dosen pembimbing dari kelompok 6 PKLT Stikes Muhammadiyah di desa Batu Ampar Baru.

    Sementara dilain tempat Kades Batu Ampar baru, Rustam Thalib, menyambut baik kegiatan para mahasiswa STIKES Palembang ini di Desanya.

    “Kami akan membantu  dan mendukung sepenuhnya apa yang menjadi tugas dan kewajiban para mahasiswa. Semoga  kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses, dan lancar hingga berakhir masa pengabdian mereka di desa Batu Ampar Baru ini.”Katanya.

    Selain itu kades desa Batu Ampar Baru juga menambahkan, kehadiran mahasiswa PKLT Ini merupakan kebanggaan bagi pemerintah desa khususnya bagi masyarakat desa Batu Ampar Baru dan pihaknya selaku pemerintah desa Batu Ampar Baru sangat mengapresiasi atas segala yang telah dilakukan oleh mahasiswa PKLT dari Stikes Muhammadiyah Palembang selami ini kepada masyarakat Batu Ampar Baru, karena dengan adanya PK/PKL mudah-mudahan masyarakat bisa mendapatkan dampak positif, serta para mahasiswa mampu mengembangkan ilmu dan menambah pengetahuannya.

    Selain itu banyak kegiatan sosial yang dilakukan oleh para mahasiswa ini, diantaranya melakukan kegiatan gotong royong bersama warga masyarakat, membantu para guru ngaji untuk kegiatan di TPA dan kelompok kelompok pengajian.

    “Kami senang dan bangga PKLT di Desa Batu Ampar Baru disambut baik oleh warga desa. Semoga sampai selesainya tugas ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses dan ini sungguh pengalaman yang sangat berkesan dan berharga bagi kami yang yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya dibangku perkuliahan, Kata Vrolagea Jelita salah satu mahasiswa dari program studi Kebidanan. (markoni)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com