• Wali Kota Palembang Ajak Hemat Kantong Plastik

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Wali Kota Palembang Harnojoyo mengajak warga untuk berhemat dalam penggunaan kantong plastik dengan menggunakannya berulangkali saat berbelanja, sehingga dapat mengurangi sampah plastik dan pencemaran lingkungan.
    “Kantong plastik dapat digunakan berulangkali karena bahannya tidak mudah hancur, dengan penerapan penggunaan kantong plastik berbayar hari ini merupakan momentum untuk berhemat,” kata Harnojoyo pada acara deklarasi penggunaan kantong plastik berbayar dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, di salah satu pasar swalayan Palembang, Minggu.
    Menurut dia, selama ini setiap berbelanja konsumen mendapatkan kantong plastik secara cuma-cuma untuk membawa berbagai barang yang dibeli.
    Dengan penerapan penggunaan kantong plastik berbayar, diharapkan warga kota ini menyiapkan kantong atau tempat untuk membawa barang dari rumah sebelum pergi berbelanja, sehingga tidak perlu membeli kantong dan bisa menghemat pengeluaran, katanya lagi.
    Dia menjelaskan, deklarasi penggunaan kantong plastik berbayar bagi konsumen yang berbelanja di seluruh retail dalam kota ini mulai 21 Februari 2016, sehingga diharapkan benar-benar diterapkan secara maksimal oleh peritel serta mendapat dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat.
    Pada tahap awal mungkin banyak warga yang tidak siap dan terkejut diminta untuk membayar kantong plastik yang digunakan untuk membawa berbagai barang yang dibeli, namun dalam beberapa hari ke depan diyakini program tersebut bisa berjalan dengan baik.
    Jika penggunaan kantong plastik dapat dihemat dan dikendalikan dengan memanfaatkannya berulangkali, diharapkan Bumi Sriwijaya ini akan semakin bersih serta sampah plastik yang dapat merusak lingkungan dapat diminimalkan, kata Wali Kota Palembang itu lagi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com