• Wali Kota Beri Penilaian Khusus SKPD Bandel

    0

         Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Wali Kota Palangka Raya akan memberi penilaian khusus terhadap kepala satuan kerja perangkat daerah dan mantan kepala SKPD yang tidak proaktif menindaklanjuti rekomendasi badan pemeriksa keuangan.
    “Pak wali secara langsung akan memberi penilaian khusus bagi mereka yang tidak menindaklanjuti sampai tuntas LHP BPK-RI perwakilan Kalimantan Tengah,” kata Wakil Wali Kota Mofit Saptono Subagio di Palangka Raya, Rabu.
    Hal tersebut dikatakannya terkait adanya temuan BPK perwakilan Kalteng pada tahun anggaran 2015 yang menyebabkan beberapa SKPD harus mengembalikan kerugian keuangan daerah.

         “Berdasarkan Undang-undang nomor 15 tahun 2004 pasal 20 dan pasal 26 yang menyebutkan bahwa tanggung jawab mutlak tindak lanjut LHP dimaksud berada pada kepala SKPD yang menjadi objek pemeriksaan. Karena itu kewajiban kepala SKPD untuk menyelesaikan itu,” katanya.
    Dia juga meminta bendahara pengeluaran dan pengurus barang bertindak proaktif dan selalu berkoordinasi dalam pencatatan aset.
    Selain itu, kepala SKPD dan satuan unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya segera menginventarisir seluruh aset bergerak dan tidak bergerak yang berada dalam penguasaannya. Kemudia juga mencatat seluruh aset dan KIB sesuai dengan status aset.
    “Juga dapat melakukan penghapusan barang apabila telah memenuhi syarat untuk dihapus dari inventaris barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Mofit.

         Wali Kota HM Riban Satia mengatakan akan memantau secara intensif terkait upaya penyelesaian yang dilakukan para kepala SKPD.
    “Tentunya bagi mereka yang dinilai tidak mampu menyelesaikan tindak lanjut LHP BPK-RI perwakilan Kalteng secara tuntas akan diberikan catatan khusus dan bukan tidak mungkin akan diberikan sanksi,” kata Riban.
    Dia meminta kepala SKPD dapat berkoordinasi dengan pihak Inspektorat Kota jika ada hal-hal yang menjadi kendala dalam penyelesaian LHP BPK itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com