• Virus Zika Belum Bisa Disembuhkan

    0
    Virus Zika Belum Bisa Disembuhkan

    Virus Zika Belum Bisa Disembuhkan

    PALEMBANG, Jurnal Sumatra – Sampai sekarang belum ada penanganan khusus untuk penderita virus Zika di Sumsel, dikarenakan penyakit ini baru menyebar di wilayah Amerika Latin dan belum ada vaksin atau obat yang menangkal virus ini. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan (PKSE KKP) Palembang, Dra. Amelia, Selasa, (9/2/2016).

    “Jadi sampai sekarang belum ada vaksin, salah satu cara menghindarinya dengan hidup bersih, karena belum ada obat,” katanya. Jika ada yang terinfeksi, Amelia mengatakan, mungkin hanya bisa disembuhkan, gejala-gejala virus Zika tersebut seperti demam, sakit kepala.

    “Kita tidak ada obat yang langsung membunuh virusnya, jadi penyembuhannya langsung ke gejala, kalau gejalanya demam kasih obat,” jelasnya.

    Dia menambahkan bila virus itu tersebar, maka penyebaran harus dihentikan, terlebih lagi pada perempuan, virus ini menyerang janin, beberapa kasus memang terlihat bahwa akibat virus Zika, bayi yang dikandung akan mengidap Hidrosefalus, bayi lahir dengan kondisi tak sempurna karena berkepala kecil.

    “Kalau memang menyebar, di (KB) kan dulu wanita-wanita usia subur itu, karena kalau sempat menyerang janin wanita, nanti itu akan terjadi kecacatan yang parah kepada bayi,” ungkapnya.

    Meskipun virus Zika belum teredeteksi di wilayah Sumatera Selatan, namun antisipasi pencegahan sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan dengan menempatkan beberapa posko pintu masuk di bandara dan pelabuhan di Palembang.

    “Pengamatan surveilan terhadap barang dan alat angkut pesawat kapal, pot terakhir yang disinggahi penumpang, harus di seleksi, kita juga warning menjaga pintu masuk negara, kontainer-kointainer diperiksa dan dilanjutkan oleh Dinkes, daerah lakukan pengawasan,” tuturnya.

    Sementara Amelia sangat mewaspadai datangnya turis-turis dari wilayah Amerika Latin, Karibia sebagai sumber penyebar virus Zika, untuk wilayah Asia, termasuk Indonesia dia menyarankan untuk tetap berjaga dan mencegah.(Yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com