• Tingkatkan Swasembada Daging, Disnakkan Lahat Programkan 1111

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com – Guna untuk meningkatkan swasembada daging potong, maka Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Lahat memprogramkan 1111, maksudnya, 1000 sapi betina, 100 sapi pejantan, 10 strategis dan 1 visi misi, ini merupakan dicanangkan secara nasional, untuk Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sendiri ada lima Kabupaten/Kota, salah satunya Lahat sendiri.

    Dijelaskan Kepala Disnakkan Lahat, Ir Agustia Budiman MM, dengan program nasional tersebut, mampu meningkatkan kebutuhan akan daging sapi potong, agar tidak lagi mengambil luar Kabupaten Lahat. Semua ini, merupakan visi misi secara Nasional.

    “Untuk mewujudkannya, dalam waktu dekat ini akan meluncurkan sentral peternakan rakyat (SPR), yang peternakannya sendiri dimulai dari SP6 sampai perbatasan Kabupaten Empat Lawang, yang pengelolanya diserahkan kepada masyarakat, dengan jenis Sapi Bali,” ungkap Agustian Budiman.

    Sekarang ini, menurutnya, kebutuhan akan daging sapi baru tercapai 40 persen, dimana, dalam sehari, membutuhkan enam ekor sapi, dimana, didatangkan dari Kota Lubuk Linggau dan Bandar Lampung.

    “Oleh sebab itulah, agar tidak lagi membeli dari luar kabupaten, maka, apabila program ini berjalan sesuai dengan harapan, pada 2018, mampu menyuplai daging sapi hingga 70 persen dan 2020 semuanya terpenuhi,” tambah Agustia Budiman.

    Untuk diketahui, sambungnya, program SPR bukan hanya sebatas pengelolan herwan ternak semata, melainkan pembuatan pakan, kandang dan penyediaan obat-obatan ternak. “Sehingga nantinya penyuluh dapat melakukan kawin suntik (kawin buatan) dalam memenuhi permintaan daging sapi,” katanya. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com