• Sepang Jadi Refrensi Sirkuit Motor GP Sumsel

    0
    Sumsel Siapkan Lahan Untuk Sirkuti Motor GP

    Sumsel Siapkan Lahan Untuk Sirkuti Motor GP

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin menegaskan, saat ini Pemerintah Provinsi Sumsel tengah melakukan berbagai persiapan terkait rencana pembangunan sirkuit MotoGP di Jakabaring Sport City. Termasuk soal desain sirkuit yang bakal dibangun, untuk itu pihaknya akan melakukan study banding ke Sirkuit Sepang Malaysia.

    “Tidak usah jauh-jauh, kita study banding ke Sirkuit Sepang Malaysia saja lebih dekat. Lagi pula sirkuitnya lumayan bagus,” ungkap Alex kepada jurnalsumatra.com.

    Meskipun masih banyak tahapan yang mesti dilalui untuk membangun Sirkuit MotoGP di Palembang, Alex menegaskan, yang terpenting modal utama untuk membangun sirkuit yakni persetujuan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sudah didapatkan oleh Pemprov Sumsel.

    “Banyak hal yang harus kita siapkan, nanti bakal ada pembicaraan dengan Dorna Sport SL sebagai penyelenggara MotoGP,” terang Alex.

    Kemudian, Dorna Sport SL juga akan melihat kelayakan dari lokasi pembangunan Sirkuit MotoGP di Jakabaring Sport City tersebut. Apabila dinyatakan layak, maka Pemprov Sumsel akan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk membangun Sirkuit MotoGP.

    “Mereka akan meninjau kesini, sehingga kita bisa tahu persyaratan apa saja yang perlu dilengkapi. Yang jelas masih panjang prosedurnya, namun paling tidak persetujuan presiden sudah kita dapatkan,” lanjut Alex.

    Sebagaimana diketahui, Pemprov Sumsel telah menyediakan lahan seluas 120 hektare yang berada di kawasan Jakabaring Sport City. Akan tetapi, menurut Alex, kemungkinan lahan yang akan terpakai hanya 80 hektare.

    Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumsel, Akhmad Basyar mengungkapkan, pihaknya sudah memiliki peta Sirkuit MotoGP yang berada di kawasan Jakabaring Sport City. Peta tersebut, kata dia, akan dibawa ke Dorna Sport SL sebagai salah satu bahan pertimbangan.

    “Untuk desain kita memang belum punya, karena harus belajar dulu dari negara-negara yang mempunyai sirkuit. Tapi kita punya peta lokasi tempat pembangunan sirkuit, yakni akan mengelilingi danau di Jakabaring Sport City,” ungkap Basyar.

    Oleh karena itu, pihaknya belum bisa memastikan kapan rencana pasti pembangunan Sirkuit MotoGP di Jakabaring Sport City. Lantaran masih harus menunggu keputusan dari Dorna Sport SL sebagai penyelenggara MotoGP.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com