• SEKDA Pastikan Pelantikan Kepala Daerah Di Semarang

    0

    Semarang, jurnalsumatra.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono memastikan Pelantikan serentak kepala daerah terpilih dari sejumlah kabupaten/kota akan dilaksanakan di Lapangan Pancasila, kawasan Simpang Lima, Kota Semarang.
    “Pelantikan kepala daerah terpilih akan dilakukan antara tanggal 15 dan 16 Februari 2016, kami masih menunggu petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri,” katanya di Semarang, Jumat.
    Ia menjelaskan bahwa pelantikan kepala daerah terpilih mendatang akan mengambil konsep pesta rakyat tapi efisien, hemat waktu dan biaya.
    Menurut dia, anggaran pelantikan kepala daerah terpilih tersebut sedang dalam proses penghitungan, namun kepala daerah yang akan dilantik telah menyatakan kesanggupannya untuk menanggung seluruh biaya pelantikan secara bersama-sama.
    “Para bupati dan wali kota terpilih sudah sepakat untuk ‘urunan’ dan hal itu ada dasarnya, yaitu Pasal 166 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015,” ujarnya.
    Ia mengungkapkan bahwa empat daerah dari 21 daerah yang sudah mempunyai kepala daerah terpilih tersebut belum dapat dipastikan apakah akan mengikuti pelantikan serentak di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah atau tidak terkait dengan akhir masa jabatan.
    “Ada empat daerah yaitu Kabupaten Pekalongan, Sragen, Grobogan, dan Demak yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir setelah Februari 2016 sehingga belum ‘fix’ apakah kepala daerah terpilih di empat daerah itu akan dilantik bersamaan di Simpang Lima,” katanya.
    Terkait dengan hal tersebut, Sri Puryono berharap Kementerian Dalam Negeri segera memutuskan apakah kepala daerah terpilih di empat kabupaten itu dilantik terpisah atau bersamaan dengan 17 kepala daerah lainnya.
    Selain dilaksanakan pelantikan kepala daerah terpilih pada pertengahan Februari 2016, juga akan dilakukan pemberhentian dengan hormat penjabat sementara bupati dan wali kota yang akan kembali menduduki jabatan sebelumnya.
    Pada upacara pelantikan kepala daerah terpilih mendatang, Pemprov Jateng melalui 21 pemerintah kabupaten/kota akan mengundang 100 pejabat dan 100 orang masyarakat dari masing-masing daerah sehingga total ada 4.200 tamu undangan.
    ‘Masing-masing kabupaten/kota nanti saya minta untuk membawa makanan khas dari daerah masing-masing yang berbahan baku lokal karena konsep pelantikannya adalah pesta rakyat,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com