• RSUD Jayapura Siapkan Dokter Khusus TB-MDR

    0

    Jayapura, jurnalsumtra.com – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura menyiapkan dokter penyakit dalam khusus untuk pengobatan Tuberkulosis Multi Drug Resistant (TB-MDR) bagi masyarakat setempat.
    Direktur Bidang Pelayanan RSUD Jayapura dr Anton Motte, di Jayapura, Selasa, mengatakan, TB-MDR penularannya lebih cepat sehingga penyebarannya harus segera diantisipasi.
    “Untuk mencegah penularannya, maka kami juga telah mempersiapkan program pendampingan terhadap pasien yang menjalani pengobatan TB-MDR,” katanya.
    Anton menjelaskan, untuk TB resistan dengan obat, sedangkan TB-MDR dan Tuberkulosis Extensively Drug Resistant (TB-XDR) lebih sulit jika dibandingkan dengan pengobatan kuman TB yang masih sensitif.
    “Angka keberhasilan pengobatan tergantung kepada berapa cepat kasus TB resistan obat ini terindentifikasi dan ketersediaan pengobatan yang efektif,” ujarnya.
    Dia menuturkan TB-MDR dapat disembuhkan, meskipun membutuhkan waktu sekitar 18-24 bulan, kunci pencegahannya adalah mendiagnosis secara dini setiap terduga TB resistan obat dan dilanjutkan pengobatan dengan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) lini kedua sesuai standar.
    “Pengobatannya, harus dipantau kepatuhan dan ketuntasannya, serta harus dilaporkan ke dalam sistem surveilans TB,” katanya lagi.
    Dia menambahkan, untuk mencegah penularan kuman TB-MDR, pencegahan dan pengendalian infeksi yang tepat harus dilakukan di setiap fasilitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien TB resistan obat dan pasien TB-MDR termasuk menjaga lingkungan tempat tinggal pasien tersebut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com