• Puskesmas Hikun Lakukan Penyuluhan Cegah DBD

    0

    Tanjung, Kalsel, jurnalsumatra.com – Puskesmas Hikun Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalsel melakukan penyuluhan pencegahan demam berdarah dengue (DBD) bagi masyarakat dan aparat desa menyusul banyaknya penderita penyakit ini di wilayah tersebut.
    Kepala Puskesmas Hikun Shinta Kumala Sari di Tanjung, Selasa mengatakan saat ini sekitar 27 warga terkena penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti ini.
    “Selain melakukan fogging atau pengasapan di sejumlah sekolah kami juga melaksanakan penyuluhan cara membasmi jentik-jentik nyamuk bagi masyarakat desa maupun aparatnya,” jelas Shinta.
    Untuk pengasapan masing-masing dilakukan di SD Negeri 2 Hikun dan SD Negeri Agung karena sejumlah siswanya positif mengidap DBD.
    Shinta menegaskan pencegahan DBD akan lebih efektif jika masyarakat bisa membasmi jentik-jentik dengan menerapkan pola hidup bersih.
    Menurut satu guru di SD Negeri 2 Hikun saat ini sudah lima siswanya terkena DBD karena itu pihaknya meminta puskesmas Hikun untuk melakukan fogging.
    Di Kabupaten paling utara Kalsel ini angka penderita DBD cukup banyak, 2015 tercatat sebanyak 648 orang positif DBD dan enam orang meninggal dunia karena penyakit ini.
    Sedangkan awal tahun 2016 sudah ada satu penderita DBD di Kecamatan Haruai meninggal dunia dari total 49 penderita yang terdata di sejumlah puskesmas.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com