• Polres Banyuasin Amankan Pembuat & Pengedar Upal

    0

    BANYUASIN, jurnalsumatra.com- Polres Banyuasin berhasil mengamankan tiga orang tersangka pembuat dan pengadar  uang palsu (Upal). Satu orang tersangka pembuat Upal palsu bernama Sarjono, warga Pati,  dan  dua orang  Tasa dan Sumijan warga Muara Padang Kabupaten Banyuasin sebagai pengedar. Dari tangan tersangka diamankan uang palsu sebesar Rp 75 juta.

    Kini ketiga tersangka diamankan di Mapolres Banyuasin untuk proses lebih lanjut.
    “Satu tersangka atas nama  sarjono merupakan pelaku pembuat Upal.

    Sementara Tasa dan  Sumijan merupakan pengedar  Upal  tersebut,”kata AKBP Julian Muntaha, SIK, Senin (1/2) 2016.
    Menurut Kapolres, penangkapan terhadap Sarjono merupakan hasil pengembangan atas pengamanan Tasa dan Sumijan yang tertangkap sedang melakukan pengedaran Upal di Muara Padang, Kabupaten Banyuasin.

    “Sarjono kita amankan di kediamanya di Pati dan kemarin anggota kita membawa dirinya ke Polres Banyuasin untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya,”terang Julihan.

    Ketiga tersangka, tegas Kapolres diamcam 15 tahun penjara sesuai dengan pasal 36 ayat 1,2  dan 3  Undang Undang Repoblik Indonesia No 7 tahun 2011 tentang keuangan serta ancman denda sebesar Rp 50 miliar.

    Untuk itu Julian, menghimbau agar masyarakat berhati- hati dengan peredaran Upal karena Upal yang dibuat dan diedarkan tersangka ini sangat mirip sekali dengan aslinya.

    Sementara, Sarjono mengaku dirinya baru tiga bulan melakukan pembuatan atau mencetak Upal dan setiap harinya Sarjono mengaku dapat  mencetak ratusan juta rupiah dan diedarkan para kaki tanganya di Pulau Jawa dan Sumatera.

    “Setiap hari  saya dapat mencetak Upal itu ratusan juta dan beredar di seluruh Pulau Jawa dan Sumatra,”kata Sarjono.

    Hasil cetakan aku Sarjono,  Upalnya itu mirip sekali dengan aslinya dan kalau dipersentasikan  mencapai 75 persen bahkan lebih.
    Dia menjual, tambahnya  perlembar Upal  hasil cetakanya dengan perbandingan 3-1 artinya jika uang asli diberikan padanya Rp 100 juta maka dia akan beri Upal sebesar 300 juta. (lubis)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com