• Polisi Mesuji Tengahi Perebutan Wilayah Operator Klotok

    0

        Mesuji, Lampung, jurnalsumatra.com – Polsek Mesuji Timur di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung menengahi konflik operator perahu klotok yang saling memperebutkan wilayah operasional penumpang di daerah ini.
    Kapolsek Mesuji Timur Iptu Muhamad Ataka, di Mesuji Timur, Rabu, mengaku pihaknya perlu mengambil langkah tegas dengan tidak membela kedua pihak operator perahu klotok yang kerapkali saling berebut wilayah itu.
    Menurut Ataka, setiap wilayah mempunyai batas-batasnya, seperti halnya di wilayah Mesuji Provinsi Lampung yang memang semestinya penarik perahu klotok dari Mesuji Lampung dan mengangkut penumpang dari wilayah itu.
    Begitupula operator perahu klotok warga Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (Oki) Provinsi Sumatera Selatan harus mengikuti aturan dengan mengangkut penumpang dari OKI menuju Mesuji Sumsel.
    “Keduanya harus sinergi dan mematuhi aturan wilayah masing masing, sehingga tidak dianggap melakukan penyerobotan wilayah operasi untuk mengangkut penumpang masing-masing,” katanya lagi.
    Usai melakukan mediasi, Kapolsek meminta kepada kedua pihak menandatangani hasil kesepakatan yang telah dibuat, dengan tidak lagi menyerobot wilayah operasional masing masing.
    “Kami hanya meminta kedua belah pihak mengikuti kesepakatan yang telah ditetapkan, agar tidak lagi terjadi cekcok dan kecemburuan pada kedua belah pihak,” ujar Ataka lagi.
    Akibat rebutan wilayah operasi penyeberangan sungai di Mesuji Lampung dan Mesuji OKI membuat kedua pihak operator perahu klotok penyeberangan yaitu dari pihak operator di SP8 Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, Lampung, dengan SP3 Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel nyaris bentrok.
    Pemicu bentrok adalah saling berebut penumpang dan wilayah operasional kedua pihak yang setiap hari bekerja sebagai penarik klotok di wilayah sungai perbatasan Mesuji Lampung dan Mesuji OKI Sumsel.
    Ali (40), warga Desa SP8 Kecamatan Mesuji Timur mengatakan selama ini penarik kapal klotok selalu saling berebutan penumpang baik dari OKI menuju Mesuji Lampung atau sebaliknya dari Mesuji menuju OKI Sumsel.
    Kedua pihak, menurut dia, seringkali cekcok di lapangan, hingga akhirnya kedua kubu mendapatkan panggilan dari Polsek Mesuji Timur untuk meminta penyelesaian perselisihan antara kedua pihak.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com