• Pemkot Pariaman Perketat Pengawasan Ekosistem Penyu

    0

         Pariaman, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat memperketat pengawasan ekosistem penyu dengan melakukan pemantauan minimal dua kali dalam sebulan ke kawasan perairan kota setempat.
    Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat Citrha Aditur Bahri di Pariaman, Rabu mengatakan peningkatan pengawasan ini dilakukan agar keberadaan hewan yang dilindungi Undang-Undang tersebut tetap terjaga.
    “Pengawasan kita lakukan di dua lokasi berbeda, yaitu di Pulau Kasiak dan Pulau Ujuang,” kata dia.
    Pihaknya melakukan pemantauan keseluruhan dengan agenda seperti mengawasai habitat peneluran penyu, vegetasi mangrove, rehabilitasi terumbu karang, termasuk membasmi acancaster yang dapat merusak terumbu karang.
    Pada hari pertama pemantauan, petugas belum menemukan penyu yang naik ke Pulau Kasiak untuk menyimpan telur-telurnya, namun menemukan bekas jejak hewan tersebut yang masih mencari tempat untuk menyimpan telurnya.
    “Jejak yang kita temukan tersebut diperkirakan baru satu hingga dua hari, karena masih baru. Selain itu penyu tak jarang juga membuat lobang tipuan untuk mengelabui hewan atau pun manusia yang dapat mengancam keselamatan telurnya,” jelasnya.
    Selama awal periode Januari hingga 16 Februari 2015, UPT telah berhasil menginkubasi sebanyak 3.700 butir telur penyu yang diperoleh dari beberapa titik di sekitar perairan kota itu.
    Dari jumlah tersebut, 50 persen telur penyu diperoleh dari daerah Pesisir Karan Aur, dan Ulakan Tapakis Kabupaten Padangpariaman, selain itu Pulau Ujuang dan Pulau Tangah sendiri juga turut menghasilkan telur penyu yang cukup dominan.
    Untuk penetasan pada periode 2016 belum ada sama sekali, pihaknya memperkirakan penetasan akan terjadi pada awal Maret 2016.
    “Kita perkirakan telur-telur yang ada ada akan menetas pada awal Maret, karena umumnya telur tersebut diperoleh di pada Januari,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com