• PEMKAB Mentawai Usulkan Pembangunan 300 Unit Rumah

    0

    Mentawai. Jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), mengusulkan pembangunan 300 unit rumah kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.
    “Usulan pembangunan rumah ini kami peruntukan bagi tenaga medis, guru, tenaga penyuluh pertanian yang bertugas di daerah pelosok di Kabupaten Kepulauan Mentawai, ditargetkan pembangunan dimulai pada tahun ini,” kata Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mentawai, Budi Siregar di Tuapejat, Selasa.
    Ia menjelaskan, lokasi pembangunan rumah tersebut terletak di tiga titik, yakni Kecamatan Siberut Tengah, Kecamatan Siberut Utara dan Kecamatan Pagai Selatan yang masing-masing kecamatan dialokasikan sebanyak 100 unit dengan anggaran satu unit rumah sebanya Rp150 juta.
    Tujuan dibangunnya rumah untuk ASN yang bertugas di daerah pedalaman katanya, untuk meningkatkan kinerja serta menunjang segala aktifitas selama bertugas di daerah tersebut.
    “Selama ini masih banyak ASN yang bertugas di daerah pedalaman jarang masuk akibat tidak tersedianya tempat tinggal yang memadai dan tinggal dilingkungan kumuh, dengan adanya pembangunan rumah ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas kerja,” tambahnya.
    Lokasi tempat bertugas ASN diakui Budi masih dalam kategori tidak layak huni, hal itu menambah ketidaknyamanan bagi ASN yang sebagian merupakan pendatang yang mengabdi di daerah tersebut.
    Ia menyebutkan disisi lain kondisi perumahan saat ini di Kabupaten Kepulauan Mentawai masih mengikuti kebiasaan lama , yaitu belum memperhatikan aspek tata ruang maupun lokasi  dari suatu perumahan tersebut.
    “Kebiasaan lain dari masyarakat Mentawai yakni membuat rumah ditempat pekerjaannya sebagai petani maupun nelayan, dan konstruksi bangunannya pun masih seadanya,” katanya.
    Ia menambahkan dengan adanya program rumah khusus dan program pembangunan rumah lainnya dapat menciptakan kondisi perumahan yang sehat serta didukung dengan ketersediaan sarana lainnya.
    “Kedepan dalam setiap perumahan dilengkapi dengan sarana air bersih dan fasilitas umum lainnya,” ujarnya.
    Menanggapi usulan pembangunan rumah bagi ASN tersebut, Rini Widya Sari (38) petugas penyuluh pertanian dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mentawai, mengharapkan pembangunan rumah tersebut juga dilengkapi dengan ketersedian infrastruktur jalan dan sarana penerangan.
    “Infrastuktur jalan juga penting untuk menuju lokas kerja, ini juga harus menjadi perhatian pemerintah,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com