• Pemkab Flotim-TNI Optimalkan Lahan Persawahan

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), melibatkan TNI untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan persawahan yang ada di daerah itu, dengan memanfaatkan sisa hujan yang ada.
    “Panen tahun ini dipastikan lebih banyak yang gagal, sehingga kami mengajak TNI untuk bersama memanfaatkan sisa hujan yang ada dengan mengoptimalkan lahan persawahan,” kata Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin kepada Antara di Kupang, Jumat.
    Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan ancaman gagal panen akibat el nino berkepanjangan tahun ini, dan upaya pemerintah untuk memanfaatkan sisa hujan yang ada.
    Berdasarkan laporan, dari 250 desa yang tersebar pada 19 kecamatan di Flores Timur, tidak sampai sepuluh desa yang masih ada harapan untuk panen. Sisanya sama sekali tidak ada harapan lagi untuk panen.
    Bahkan di Pulau Solor, tidak ada satupun desa yang bisa melakukan panen tahun ini, karena semua tanaman, baik jagung, padi ladang maupun ubi-ubian mati tersengat matahari.
    Menurut dia, sejak awal Februari 2016, pemerintah dan personil TNI pada semua tingkatan, sudah mulai turun bersama untuk melakukan penanaman.
    Kegiatan ini hanya fokus pada daerah-daerah persawahan ataupun kawasan potensial lainnya, yang selama ini belum digarap.
    Selain persawahan, pemerintah juga memberikan bantuan bibit berupa kacang-kacangan dan sayur-sayur kepada masyarakat untuk menanam.
    Dia berharap, upaya yang sedang dilakukan pemerintah ini dapat membantu menopang kebutuhan pangan di daerah, atau paling tidak mengurangi pasokan kebutuhan pangan dari luar daerah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com