• Pasangan Bupati Terpilih Tak Hadiri Pleno Penetapan

    0

         Muntok, jurnalsumatra.com – Pasangan bupati dan wakil bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terpilih menjadi pemenang Pilkada 2015 tidak menghadiri rapat pleno penetapan pemenang yang digelar Komisi Pemilihan Umum daerah setempat.
    “Meskipun seluruh pasangan peserta Pilkada 2015 tidak ada yang hadir, namun tidak mempengaruhi penetapan pada hari ini,” kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Martono di Muntok, Kamis.
    Ia mengatakan, rapat pleno penetapan pemenang Pilkada 2015 digelar setelah sehari sebelumnya Mahkamah Konstitusi menolak gugatan pasangan peserta Pilkada Kabupaten Bangka Barat, Sukirman-Safri pada sidang perselisihan hasil pemilu.
    Martono mengatakan, pada rapat tersebut sebenarnya seluruh peserta dan pengurus partai pengusung diundang, namum hanya beberapa pengurus dan tim sukses yang hadir bersama para pejabat muspida dan penjabat bupati setempat.
    “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif menyukseskan Pilkada 2015 hingga tahap akhir, terutama kepada masyarakat yang mampu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” kata dia.
    Ia mengatakan, setelah penetapan pemenang pilkada pihaknya akan mengirimkan pemberitahuan ke DPRD kabupaten setempat untuk dijadikan bahan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.
    Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat, Hendra Kurniadi mengatakan pihaknya akan segera melaksanakan rapat paripurna terkait rekomendasi KPU setempat.
    “Setelah itu akan kami ajukan ke Gubernur Babel sebagai bahan rekomendasi ke Mendagri agar pasangan terpilih bisa dilantik,” kata dia.
    Kemungkinan pelantikan akan dilaksanakan di Provinsi Babel, tidak di Bangka Barat, katanya.
    Terkait waktu pelaksanaan pelantikan, menurut dia, pihaknya tidak mengetahui secara pasti karena masih menunggu keputusan Mendagri.
    Pelaksanaan rapat pleno berjalan kondusif, tampak sekitar 50 personel Polres Bangka Barat dikerahkan di sekitar Kantor KPU setempat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan kamtibmas.
    Giat pengamanan dipimpin langsung Kabag Operasi Polres Bangka Barat,  Kompol Candra Kurnia dengan menempatkam personel di halaman depan, pintu masuk serta dan di dalam ruang rapat.
    Seluruh peserta rapat pleno kami periksa satu persatu agar ruangan aman dari berbagai barang berbahaya, seperti korek api, senjata tajam dan lainnya, katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com