• Palembang Tidak Tersentuh PHK Massal

    0
    departementenagakerjalog

    Palembang Tidak Tersentuh PHK Massal

    Palembang, jurnalsumatra.com – Meskipun pemutusan hubungan kerja (PHK) sudah hampir terjadi di kota-kota besar namun tidak bagi Kota Palembang. Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang selama kurun waktu 2 bulan di tahun 2016 ini ada 22 kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan kepada pekerjanya.

    “Alhamdulillah tidak terjadi dan semoga tidak akan terjadi gelombang PHK massal di Palembang,” kata Kadisnaker Kota Palembang Isnaini Madani, Kamis (18/2).

    Perusahaan yang bergerak di bidang jasa menjadi salah satu indicator Kota Palembang aman dari gelombang PHK ini, Karena kebanyakan perusahaan yang melakukan PHK masala bergerak di sektor perusahaan industry.

    “Di Palembang ini sebagian besar perusahaannya jasa, bukan industri. Jadi, seperti Ford jika di pulau Jawa ada pabrik perakitan, di Palembang kan cuma penjualan sehingga tidak banyak yang di-PHK,” terangnya.

    Jika dibandingkan dengan tahun lalu, kata mantan Kepala Dinas Tata Kota Palembang ini, jumlah PHK tahun lalu lebih besar yang mencapai 145 kasus dari tiga ribu perusahaan yang ada. “Ini bisa dibilang sangat jauh dibawah tahun lalu,” katanya. Artinya, penyerapan tenaga kerja bias dipastikan sangat maksimal.

    “Untuk jumlah pengangguran yang terdata di tahun 2015 silam sebanyak 69.806 jiwa dari total 1,1 juta jiwa angkatan kerja. Jumlah itu menurun dibanding tahun 2014 sebesar 9,5 persen dan diharapkan di tahun 2016 ini bisa turun lebih besar dibanding tahun lalu,” tuturnya.(ria)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com