• Palembang Bakal Larang Penggunaan Kantong Plastik

    0
    kantong-plastik

    kantong-plastik

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) bakal menjadikan Kota Palembang pilot project di Indonesia sebagai kota yang mengurangi sampah dari pengunaan kantong plastik. Menyusul akan diterapkannya penggunaan kantong plastik berbayar pada pasar-pasar modern oleh KLH yang muai akan di terapkan pada tanggal 21 Februari mendatang. Pemerintah kota (Pemkot) Palembang pun berkomitmen untuk mengurangi pengunaan sampah plastic,kedepan Kota Palembang malah akan melarang warganya mengunakan kantong kresek.

    “Kita akan ganti kantong plastik dengan bahan alami dan ramah lingkungan, misalnya bahan tapioca,” jelas Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang Thabrani pada jurnalsumatra.com, Rabu (17/2).

    Komitemen ini juga katanya merupakan ide dari Walikota Palembang H. Harnojoyo. “Jadi kantong plastik yang akan digunakan warga nantinya akan berbayar, dengan berbayar ini warga dengan sendirinya akan beralih mengunakan kantong berbahan alami,” jelasnya.

    Untuk tahap awal, semua retail, dan pasar modern akan dijatahi 10. 000 kantong plastic melalui PT Palembang Trade Logistic (Patralog).

    “Ini tidak ada unsure monopoli, kita hanya memulai gerakan pengunaan kantong berbahan alami,” jelasnya

    Karena, di Palembang belum ada pabrik yang memproduksi plastik organik yang terbuat dari bahan ubi racun. Plastik organik ini pun saat ini masih didatangkan dari perusahaan di luar Palembang

    Namun begitu, Walikota Palembang sudah mewacanakan untuk melakukan pembinaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM), dalam memproduksi kantong plastik organik.

    Karena, kelebihan dari kantong plastik organik ini, dalam waktu 3-6 bulan, kantong tersebut mudah hancur, baik di tanah dan air. “Walikota menginginkan, seluruh retail di Palembang menggunakan kantong plastik organik ini. Sehingga, rencana Pemerintah untuk mengurangi sampah dari kantong plastik ini bisa maksimal,” katanya.(ria)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com