• OJK Segera Berkantor Sendiri

    0
    OJK Segera Berkantor Sendiri

    OJK Segera Berkantor Sendiri

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kantor OJK Provinsi Sumatera Selatan yang selama ini berada di areal Bank Indonesia, nantinya akan mempunyai kantor tersendiri dengan mempunyai gedung yang sudah mulai rampung pengerjaannya, berada di Jl. Patal – Pusri dekat Sekolah Kesuma Bangsa, Palembang.

    Hal ini disampaikan Kepala Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Selatanr Lukbir kepada jurnalsumatra.com pada saat pertemuan tahunan dengan para pelaku jasa keuangan di Novotel Palembang dalam melakukan hibauan kepada industri jasa keuangan untuk membantu program-program pemerintah, khususnya disektor-sektor proritas dan sategis” jelasnya.

    Dikatakanya, misi dari OJK ini adalah mewujudkan industri keuangan yang stabil tetapi juga bisa mendukung perekonomian di daerah, dan rencananya akan bekerjasama dengan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dan membentuk TIM Percepatan Akses Keuangan Daerah, tetapi ini masih dalam pembicaraan, tapi targetnya tahun ini akan ada, supaya bisa bersama-sama dengan pelaku industry jasa keuangan bisa membantu program-program pemerintah seperti di Provisi apa, jadi dimana kami bisa menggerakkannya agari bisa terjadi singkronisasi program pemerintah dengan industri jasa keuangan.

    Menurutnya, OJK sudah banyak mengenalkan program yang memang ditujukan untuk membantu pertumbuhan ekonomi daerah seperti, bagaimana OJK bisa membuat akses terhadap industry jasa keuangan yang mudah disebut program baku pandai, yang di bank-bank umum itu bisa mendirikan jaringan tanpa kantor, supaya mangkin banyak masyarakat bisa terjangkau, itulah tujuannya sampai ke desa-desa itulah programnya layanan keuangan tanpa kantor. OJK juga mengenalkan program jaring jangkau dead line dan sinergi, bekerjasama dengan mentri kelautan dan perikanan dengan mengenalkan Industri jasa keuangan apa yang bisa dibantu oleh industry jasa keuangan baik bank maupun non bank yang terkait dengan perkembangan indutri maritim dan kelautan. OJK juga mengenalkan tahun ini yaitu Simpel (Simpanan Pelajar) untuk menciptakan menambung sejak dini kepada anak-anak sekolah dari SD, SMP dan SMA. Dengan regulator menghimbau dengan masing-masing kepada bank yang mengenalkan produk tabungan simple yang kondisional yang disebut simple ID. Dengan mengarahkan Bank Sumsel Babel dengan mengenalkan Tabungan Simpel ditahun 2016.

    Lebih lanjut dikatakannya, Struktur Organisasi pada OJK kalau didaerah dari Januari 2014 sampai 31 Desember 2015 kantor regionalnya ada 6 seperti di Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Surabaya, Medan dan Makassar, dengan satu kantor regional membawahi beberapa KUJK . Tetapi karena ada regineresiasi sejak Januari 2016 diperluas ditambah 3 kantor regional baru, regional yang baru tersebut, seperti regional 7 adanya di Sumatera bagian selatan dan regional 8 adanya di Bali membawahi NTT dan NTB, regional 9 ada di Banjarmasin membawahi Kalimantan.

    “Latar belakang kantor regional 7 ini adalah sebenarnya pecahan dari kantor regional 5 yang tadinya membawahi seluruh Sumatera kecuali Bandar Lampung, karena Bandar Lampung masuk ke Jakarta, tetapi sekarang Sumatera itu digabung dan dibagi dua, Sumatera Utara ada di Kantor Regional yang membawahi Aceh, Padang, Pekanbaru, Batam dan Medan, Sementara Kantor Regional 7 di Palembang membawahi Bandar Lampung, Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung tapi Bangka Belitung belum berdiri mungkin tahun ini akan mendirikan kantor OJK di Bangka Belitung” pungkasnya. (edchan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com