• Nelayan Trenggalek Tetap Melaut Meski Tangkapan Minim

    0

         Trenggalek, jurnalsumatra.com – Sejumlah nelayan di pesisir Pantai Blado Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur tetap melaut meski hasil tangkapan ikan selama musim hujan minim.
    “Melautnya juga tergantung kondisi ombak dan cuaca. Jika ombak tidak besar, angin tidak terlalu kencang dan cuaca baik, kami akan melaut. Jika tidak, ya istirahat,” ujar Asmungi (50), salah seorang nelayan di Pantai Blado Kecamatan Munjungan, Sabtu.
    Saat berbincang dengan koresponden Antara sekitar pukul 13.00 WIB, Asmungi sedang merajut jaring di atas kapal pancing tradisional miliknya.
    Sementara dua remaja anak nelayan lain terlihat asyik belajar mengendalikan perahu di sekitar muara Pantai Blado.
    Asmungi mengaku sudah siap untuk kembali melaut. Perahu berikut mesin penggerak berkapasitas 15 PK miliknya dalam kondisi baik, demikian pula dengan jaring ikan yang sedang ia perbaiki.
    “Sebentara lagi selesai. Nanti sore pun kalau mau dipakai siap,” ujarnya.
    Namun, Asmungi belum bisa memastikan apakah jadi berangkat melaut atau tidak. Pasalnya, kata dia, cuaca di tengah laut cenderung tidak menentu.
    “Sekarang cerah dan kecepatan angin rendah, tapi nanti sore bisa berubah 180 derajat. Makanya kami pilih menunggu perkembangan cuaca dan kondisi ombaknya,” ucapnya.
    Senada dengan Asmungi, beberapa nelayan lain memberi alasan kenapa berhitung peruntungan untuk melaut selama musim hujan.
    Selain alasan keselamatan selama berada di tengah laut, tangkapan ikan saat cuaca buruk atau turun hujan biasanya minim.
    “Itupun terkadang nelayan masih ada yang nekat melaut meski mendung tebal tanda mau hujan. Tapi hasilnya ya begitu, minim dan selalu rugi,” ungkap Yamin, nelayan lain.
    Ia memperkirakan, minimnya tangkapan nelayan atau biasa disebut dengan istilah musim paceklik ikan, akan berlangsung hingga medio Mei-Juni.
    “Memasuki kemarau biasanya ikan kembali banyak. Ikan yang saat musim hujan cenderung bersembunyi di perairan dalam kembali muncul ke atas saat kondisi cuaca cerah,” imbuhnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com