• Musi Banyuasin Targetkan Raih Adipura Kencana

    0

    Musi Banyuasin, Sumsel, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berjuang mempertahankan Piala Adipura yang telah diraih selama 10 tahun berturut dan mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi berupa Piala Adipura Kencana kota kecil terbersih.
    “Kota Sekayu sebagai Ibu Kota Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) merupakan kota kecil terbersih yang sudah 10 kali meraih Piala Adipura. Penghargaan itu diupayakan bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga bisa diraih penghargaan yang lebih tinggi,” kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi di Sekayu, Rabu.

    untuk mempertahankan penghargaan itu, Pemkab melakukan berbagai pembenahan dan mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah melakukan berbagai persiapan menghadapi tim penilai Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Selatan.
    Dalam surat edaran itu diminta kepada seluruh SKPD jajaran Pemkab Musi Banyuasin untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penilaian Adipura seperti melakukan kegiatan pemilihan sampah dengan menempatkan tempat-tempat sampah organik, anorganik dan logam di lingkungan tempat kerja/kantor masing-masing.

    Kemudian diminta untuk menjaga kebersihan drainase, toilet/WC dan tersedianya air bersih serta kebersihan lingkungan kantor, mengintensifkan kegiatan pengolahan sampah (pengomposan) dengan menunjuk petugas khusus untuk melakukan pengolahan dan pembuatan kompos pada tempat kerja/kantormasin-masing.
    Selain itu juga diminta memperbanyak sebaran pohon peneduh di lingkungan halaman kantor dan tempat tinggal, tidak melakukan pembakaran sampah baik di tempat kerja maupun lingkungan tempat tinggal, serta mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan, katanya.

    Dia menjelaskan untuk meraih Adipura tidak hanya menjadi tugas Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemeliharaan Lampu Jalan (DKPPLJ) saja tetapi juga menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh jajaran Pemkab Musi Banyuasin.
    Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan dapat menjaga lingkungan selalu bersih dan nyaman, terwujudnya pengelolaan lingkungan hidup yang baik serta kota berwawasan lingkungan sesuai dengan standar penilaian Adipura, kata Beni.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com