• MUI Palu Minta Penganut Agama Sukseskan Imlek

    0

        Palu, jurnalsumatra.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag, meminta kepada seluruh penganut agama untuk turut menyukseskan Imlek yang dirayakan oleh penganut agama tertentu.
    Hal itu guna menghargai perayaan hari-hari besar agama lain, serta meningkatkan toleransi antarumat beragama dengan baik didaerah tersebut, katanya di Palu, Sabtu, terkait Hari Raya Imlek 8 Pebruari 2016.
    “Saling percaya dan saling menyayangi, maka kehidupan akan berjalan rukun, tertib aman dan damai,” ujarnya saat dihubungi Antara.
    Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu itu mengemukakan bahwa sesama pemeluk agama perlu untuk saling menerima dan menjunjung tinggi perbedaan yang ada di muka bumi.
    Perbedaan yang ada, kata dia, tidak harus menjadikan umat manusia saling bermusuhan, bertikai, dan terpecah belah. Karena itu biarkanlah perbedaan yang ada tetap pada koridornya dan jangan dibesar-besarkan apalagi memperdebatkannya.
    “Biasanya kebencian timbul karena adanya perbedaan, ini yang harus dihilangkan. Biarkan perbedaan pada koridornya dan tidak harus mebuat manusia saling membenci,” sebutnya.
    Menurut dia kebencian yang berangkat dari perbedaan akan berujung pada runtuhnya keharmonisan dan toleransi antarsesama pemeluk agama.
    Olehnya, para tokoh di setiap pemeluk agama harus berperan untuk memberikan pencerahan kepada pemeluk agama, agar dapat menerima dan menghargai perbedaan.
    “Saya kira untuk menjaga toleransi antarsesama pemeluk agama, maka para tokoh agama harus mengingatkan dan memberikan pencerahan kepada seluruh jamaah, untuk menghargai dan menjunjung tinggi perbedaan,” ujarnya.
    Lebih lanjut dia mengatakan perbedaan yang terjadi dimuka bumi, tidak terlepas dari campur tangan dan keinginan sang pencipta.
    Dengan demikian, sangat tidak mungkin dimuka bumi hanya ada satu faham, aliran atau satu agama yang tumbuh dan besar dalam kehidupan sosial.
    Karena itu, kata dia, tugas dari manusia yaitu menyayangi apa yang telah ada di bumi, maka yang dilangit akan menyayangi apa yang ada di bumi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com