• Menteri: 370-500 Hotspot Baru Ada Di Papua

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan tim kementerian menemukan terdapat 370-500 titik api (hotspot) baru di Papua pada tahun ini.
    “Hal yang mengkhawatirkan adalah Papua yang di tahun lalu masih kosong, dan tahun sekarang angkanya sudah di 370-500-an,” jelas Siti ditemui di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat.
    Siti mengaku titik api tersebut bukan disebabkan oleh pembakaran yang dilakukan oleh korporasi, melainkan karena kebiasaan masyarakat setempat.
    Kementerian bersama Badan Restorasi Gambut, kata Siti, terus berkoordinasi untuk mengatasi kebakaran di Papua sebagai wilayah yang masuk ke daftar tujuh provinsi dalam pengawasan.
    “Waktu terjadi kebakaran di Januari lalu, saya kirim tim karna memang rumputnya dibakar supaya hijau sehingga nanti hewan-hewan berkaki empat yang diburu sebagai ternak itu makan disitu,” kata Siti.
    Siti melanjutkan, penyebab kedua timbulnya titik api di Papua adalah karena pembakaran di wilayah tepi sungai atau danau yang secara sengaja untuk mengumpulkan ikan tangkapan.
    Menteri menambahkan pemerintah baik di pusat maupun daerah perlu menegaskan peraturan mengenai pembakaran lahan secara tradisional yang diperbolehkan.
    “Tegas, dalam arti kalau digambut memang tidak boleh, tapi kalau di tempat lain harus ada batasan-batasannya yang harus jelas,” jelas Siti.
    Kementerian meminta masyarakat untuk menghindari upaya membakar lahan untuk mencari binatang buruan karena berpotensi menimbulkan kebakaran besar. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com