• MENSOS: Panti Ternate Alih Fungsi Untuk HIV

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan Panti Sosial Bina Pasca Lara (PSBPLK) Wasana Bahagia di Ternate sedang dalam tahap alih fungsi untuk rehabilitasi sosial penderita virus HIV di kawasan Indonesia timur.
    “Selama ini belum ada panti HIV yang dikoordinasikan oleh Kemsos sesuai UU 23 Tahun 2014, karena itu untuk wilayah Indonesia timur akan ada di Ternate,” katanya di Ternate, Sabtu.
    Sejauh ini, kata dia, sudah ada dua panti sosial untuk HIV di Indonesia yaitu di Medan yang menangani penderita di Sumatera dan sekitarnya serta Sukabumi untuk Pulau Jawa dan sekitarnya.
    “Di Indonesia timur kita sedang ‘exercise’ apakah Ternate ini cukup memungkinkan untuk dijadikan panti rehabilitasi sosial HIV untuk Indonesia timur,” kata dia.
    Kemsos, kata Khofifah, akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat supaya manfaat panti sosial HIV nantinya bisa bersinergi dengan kebutuhan daerah yang mendapatkan fungsi ini.
    Menurut Mensos, jumlah penderita HIV tertinggi di Indonesia timur ada di kawasan Papua yaitu sekitar 24.000 orang.
    “Kita bisa hitung kapasitas panti berapa banyak. Kita juga lihat probabilitasnyam apakah mereka yang terinfeksi dari Papua dan Papua barat akan diberi layanan ke sini atau mereka akan siapkan sendiri. Misal lahan dan anggaranya,” kata dia.
    Khofifah mengatakan Ternate dipilih sebagai lokasi untuk panti HIV ini karena Kemsos sudah memiliki lokasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Ternate, yaitu Panti Sosial Bina Pasca Lara (PSBPLK) Wasana Bahagia, yang nantinya dialihfungsikan menjadi panti rehabilitasi sosial HIV.(anjas)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com