• Mendikbud: Karakter Kinerja-Moral Kunci Hadapi MEA

    0

        Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, ada dua kunci agar sukses dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan dunia global, yaitu karakter kinerja dan karakter moral.
    “Karakter ditumbuhkan lewat proses pembiasaan dan itu adalah karakter kinerja dan moral untuk menghadapi MEA dan dunia global,” kata Anies di sela-sela seminar nasional dengan tema Pendidikan Islam Menghadapi Pendidikan Global di Jakarta, Sabtu.
    Dia tidak menampik bahwa pengetahuan dan keterampilan penting, namun kebiasaan untuk mempraktekkan nilai-nilai positif menjadi kunci dan modal utama.
    Anies juga menyatakan pentingnya lembaga pendidikan Islam untuk menguatkan kelembagaan menghadapi tantangan global dan tidak cukup hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
    “Dibutuhkan peningkatan kualitas SDM kita. Kehadiran sekolah penting untuk membekali karakter dan kemampuan siswa dalam menjalani kehidupannya sehari-hari dan persiapan menghadapi kehidupan di masa mendatang,” tambah Anies.
    Karena itu penting menjadikan sekolah ramah anak, menjadikan sekolah tidak memunculkan benih-benih radikalisme dan menjadikan sekolah membangun karakter kejujuran di samping prestasi.
    Seminar yang digelar Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) menghimpun para pengelola yayassn Sekolah Islam Terpadu se Indonesia diikuti oleh 840 peserta.
    Ketua Umum JSIT Indonesia Sukro Muhab mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pembekalan dan sosialisasi bagaiaman yayasan dapat mengelola sekolah Islam terpadu dengan efektif dan bermutu.
    “Menjadikan konsep dakwah berbasis pendidikan dapat berjalan secara benar dan menyiapkan lembaga pendidikan Islam dalam menjawab tantangan global,” kata Surko.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com