• Megawati Resmikan Pengoperasian RS Keliling Minahasa Tenggara

    0

        Minahasa Utara, jurnalsumatra.com – Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri meresmikan pengoperasian dua unit kendaraan rumah sakit keliling milik Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, di Kalawat, Senin.
    “Ini katanya merupakan kendaraan rumah sakit keliling pertama di Indonesia. Saya harapkan operasional kendaraan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Megawati dalam sambutannya.
    Dirinya pun mengharapkan dengan adanya kendaraan RS keliling tersebut bisa berdampak langsung bagi masyarakat, khususnya yang perlu mendapatkan pelayanan kesehatan.
    Megawati berharap adanya kendaraan tersebut dapat diikuti dan dicontoh oleh pemerintah-pemerintah daerah yang ada di Indonesia.
    “Karena kendaraan ini sangat bagus peruntukannya serta bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga seharusnya apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara ini dapat dicontoh oleh pemerintah daerah lainnya dalam memberikan pelayanan kesehatan secara langsung bagi masyarakat,” ujar Megawati.
    Menurut Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, setelah diresmikan oleh Megawati kendaraan tersebut langsung dioperasionalkan untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
    “Rumah sakit keliling ini langsung digunakan, dan melakukan pelayanan kesehatan di 144 desa dan kelurahan yang ada di Minahasa Tenggara, mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore,” ujarnya.
    Dirinya menuturkan RS keliling tersebut dapat melayani poli umum, pelayanan pemeriksaan kehamilan, persalinan normal, pemeriksaan laboratriom dan konseling, pelayanan farmasi.
    RS keliling tersebut juga bisa melakukan tindakan operasi ringan, pemeriksaan USG, dan pemeriksaan jantung.
    “Untuk dokter, perawat dan bidan juga sudah yang terlatih, khususnya dalam pengunaan alat medis sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Minahasa Tenggara lebih optimal,” katanya.
    Hadir dalam peluncuran dan peresmian tersebut Wagub Sulawesi Utara Steven Kandouw, Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Ketua Fraksi PDIP MPR yang juga Ketua PA GMNI Ahmad Basarah, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, Bupati Bolmong Selatan Herson Mayulu, Bupati Kepulauan Sangihe HR Makagansa, Bupati Kepulauan Sitaro Tonny Supit, Wabup Minahasa Ivan Sarundajang, Wabup Mitra Ronald Kandoli, Wabup Minsel terpilih Franky Wongkar.
    Selain itu anggota DPRD Minahasa Tenggara, para kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat serta tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com