• Mataram Segera Terapkan Pelayanan Perizinan Satu Hari

    0

    Mataram,jurnalsumatra.com- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dalam waktu dekat ini akan menerapkan pelayanan proses perizinan dalam satu hari (one day service) yang dinamakan program “sehati” atau sehari pasti jadi.
    “Program ini menjadi bagian upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di Mataram, Jumat.
    Ahyar yang dilantik menjadi Wali Kota Mataram periode 2016-2021 mengatakan, proses perzinan “one day service” itu bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada masyarakat.
    “Dan ini merupakan salah satu program prioritas 100 hari pertama kami dilantik,” ujarnya.
    Selain itu, lanjut Ahyar, program “sehati” dimaksudkan sebagai upaya memperbaiki yang salah, mempercepat yang lambat, memudahkan yang rumit dan membuka sekat agar transparan dengan inovasi tanpa henti.
    Bebeberapa jenis izin yang dapat diselesaikan selama sehari adalah antara lain, surat izin usaha perdagangan (SIUP) mikro, tanda daftar perusahaan (TDP) mikro, daftar ulang SIUP, perpanjangan TDP, izin reklame insidentil, surat izin jasa konstruksi dan perpanjangan kartu pengawasan kendaraan bermotor angkutan barang.
    “Jika berbagai persyaratan pemohon lengkap terhadap beberapa jenis izin itu, bisa dijamin izin bisa dikeluarkan dalam sehari,” katanya.
    Akan tetapi, sambungnya, program “sehati” belum bisa ditetapkan pada jenis permohonan izin yang memerlukan kajian dan evaluasi tim terpadu, eperti pemohonan izin teknis
    “Misalkan, izin mendirikan bangunan dan sejenisnya tentu tidak bisa sehari karena sebelum izin dikeluarkan diperlukan kajian tim teknis terkait,” katanya.
    Sementara Kepala Badan Perencana Pembangunan (Bappeda) Kota Mataram Lalu Martawang yang mendampDISingi wali kota menambahkan, program “sehati” ini direncanakan dimulai diterapkan pekan depan.
    “Pelaksanaan program ‘sehati’ akan ditandai dengan penyerahan perizinan yang dilakukan pemohonan dan tuntas dalam sehari,” ujarnya.
    Martawang mengatakan, sejauh ini Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) sudah melakukan berbagai persiapan untuk penerapan program “sehati”.
    “Program ‘one day servis’ ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi investor yang ingin berinvestasi di kota ini, karena mereka bisa mendapat pelayanan perizinan secara mudah dan cepat,” katanya. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com