• Maju Pilkada, Incumbent Cukup Cuti

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com – Untuk kepala daerah apalagi Incumbent yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) didaerah yang sama, bersangkutan cukup cuti tanpa harus mengundurkan diri. Walaupun, sampai ketingkat Provinsi.

    “Kecuali, kalau yang maju Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Anggota DPR, DPRD Provinsi maupun Kabupaten, maka, harus mengundurkan diri, sedangkan incumbent baik menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota serta Wakil Walikota baru satu periode cukup mengajukan cuti, dengan catatan didaerah sama,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, Syamsurizal Nusir, belum lama ini.

    Namun, katanya, kalau maju ke kabupaten/kota lain atau naik ke tingkat provinsi, maka, yang bersangkutan wajib mengundurkan diri dari jabatan sebelumnya.

    “Sesuai dengan undang-undang (UU) No 8/2015 tentang Pilkada Gubernur,Bupati dan Walikota, dalam hal ini wakil bupati (wabup) ikut dalam pemilihan umum (Pemilu) untuk periode kedua cukup cuti, kalau ke kabupaten/kota atau provinsi baru mereka mundur dari jabatannya,” tambahnya lagi.

    Selain itu, menurutnya, sesuai UU No 8/2015, pasal 7 huruf P dan PKPU No 9/2015, Pasal 4 huruf O tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota, berbunyi, berhenti dari jabatannya, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota yang mencalonkan diri di daerah lain sejak ditetapkan sebagai calon.

    “Yang jelas, kita selaku pihak komisi pemilihan umum yang diberikankan mandate, tetap akan mengacu mengacu kepada UU dan PKPU tersebut, selama belum dilakukan revisi, maka, menjadi pedoman, termasuk menyangkut penganggaran, dukungan politik,” pungkasmya. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com