• Legislator: Tenaga Honorer Sebaiknya Diangkat Tanpa Tes

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com- Anggota Komisi II DPR RI Amran berpendapat, pengangkatan tenaga honorer kategori 2 menjadi PNS sebaiknya dilakukan tanpa tes.
    “Jangan ada tes lagi. Ini biar nggak ada calo,” kata Amran, dalam diskusi bertajuk “Mengejar Takdir Tenaga Honorer”, di Jakarta, Sabtu.
    Meski demikian, pihaknya mengimbau tetap dilakukan seleksi ketat secara administrasi.
    Ada 439 ribu tenaga honorer yang tercatat di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun demikian, menurutnya, ada sejumlah tenaga honorer yang tidak layak untuk diangkat sehingga jumlah tersebut harus diverifikasi kembali.
    “Verifikasi kembali dari jumlah 439 ribu tenaga honorer, pasti ada tenaga honorer yang bodong. Kami minta validasi data,” katanya.
    Lalu hal penting selanjutnya adalah pemetaan kebutuhan.
    “Inventarisir daerah-daerah mana saja yang masih kekurangan (CPNS). Sehingga pengangkatan dilakukan berdasarkan kebutuhan,” katanya.
    Selanjutnya pihaknya berharap pemerintah agar mengangkat tenaga honorer menjadi CPNS berdasarkan kebutuhan dan secara bertahap.
    “Kami minta pemerintah kembali pada kesepakatan tanggal 15 September 2015 untuk mengangkat (tenaga) honorer secara berangsur hingga tuntas,” kata Amran.
    Dalam rapat kerja Komisi II DPR dengan Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi pada September 2015, disepakati pengangkatan tenaga honorer secara bertahap. Sebanyak 110 ribu tenaga honorer direncanakan akan diangkat menjadi CPNS setiap tahunnya.
    Tetapi, Menpan RB Yuddy Chrisnandi membatalkan pengangkatan tenaga honorer K2 pada Januari 2016 karena tidak ada dasar hukum yang mengizinkan pengangkatan tenaga honorer secara langsung menjadi CPNS pasca diterbitkannya UU Aparatur Sipil Negara (ASN) serta berakhirnya masa berlaku PP 56 Tahun 2012.
    Selain itu, Yuddy mengatakan ketiadaan anggaran juga menjadi alasan pembatalan pengangkatan tersebut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com