• KPID Dorong Operator Tv Kabel Urus Izin

    0

         Mataram, jurnalsumatra.com – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Nusa Tenggara Barat mendorong operator televisi kabel untuk mengurus perizinan agar bisa menjalankan usaha dengan tenang dan terhindar dari upaya penegakan hukum.
    “Kami mendorong bagaimana menjadikan pengusaha TV kabel untuk mereka memproses izin sehngga kewajiban-kewajiban dan haknya terpenuhi,” kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat (NTB) Sukri Aruman di Mataram, Rabu.
    Menurut dia, jumlah operator TV kabel di berbagai pelosok desa dan kelurahan yang tersebar di 10 kabupaten/kota cukup banyak dan itu bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) karena mereka menjalankan usaha komersial dengan jumlah konsumen mencapai ribuan orang.
    “Di Sumbawa Besar ada satu operator lokal yang punya pelanggan 20 ribu orang. Bayangkan satu pelanggan membayar Rp15 sampai Rp20 ribu per bulan, sementara mereka tidak punya kewajiban apa-apa,” ujarnya.
    Kebebasan TV kabel dalam menjalan usaha dan menyiarkan konten siaran yang tidak layak, menurut Sukri, menjadi persoalan bagi KPID NTB sebagai lembaga yang memantau kualitas siaran yang disajikan lembaga penyiaran di daerah.
    Pihaknya sudah pernah mengadakan pertemuan dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota dan jajaran Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika untuk sama-sama mendata ulang keberadaan operator TV kabel komersial.
    KPID NTB juga pernah mengusulkan peraturan daerah tentang pengaturan perizinan TV kabel.
    “Kami juga ingin pemerintah daerah memastikan upaya penegakan hukum dengan melakukan razia melibatkan aparat penegak hukum, seperti kepolisian agar operator lokal tidak bebas menyiarkan konten siaran tidak pantas dan tidak layak ditonton,” kata Sukri.
    KPID NTB, kata dia, berharap perator lokal yang skala kecil bisa membentuk konsorsium sehingga bisa memenuhi persyaratan pembentukan perseroan terbatas (PT) sesuai undang-undang.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com