• Kementan Gandeng TNI AD Cetak Sawah NTT

    0

       Kupang, jurnalsumatra.com – Kementerian Pertanian menggandeng TNI AD di NTT untuk mencetak sawah seluas 4.375 hektare untuk mendukung program swasembada pangan nasional.
    “Tanggal 28 Januari bulan kemarin kita sudah laksanakan pencanangan perluasan atau cetak sawah di di desa Nunkurus Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, dan luasnya mencapai 235 ha,” kata Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Heri Wiranto di Kupang, Kamis.
    Ia menambahkan setelah dilakukan pencanangan perluasan, sampai Selasa (2/2) anggota TNI sudah berhasil memperluas dan membersihkan lahan yang akan dijadikan sawah tersebut seluas 10 hektaare.
    TNI juga turut membantu sejumlah kelompok tani di Desa Nunkurus untuk menentukan batas petak sawah dari masing masing kelompok tani itu.
    “Kita akan terus berusaha agar penanaman perdananya bisa segera dilakukan di bulan Februari ini sehingga hasilnya juga bisa segera diperoleh,” kata mantan Danrem 163/Wirasatya Denpasar Bali itu.
    Komandan berbintang satu ini menargetkan agar di minggu ketiga di bulan Februari sudah bisa menyelesaikan cetak sawah minimal 10 ha.
    Ia mengatakan rencana perluasan percetakan sawah akan dilakukan di 15  Kabupaten di NTT yang meliputi Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) seluas 100 hektaare, Timor Tengah Utara (TTU) 375 hektaare.
    Kemudian Kabupaten Manggarai Barat 100 hektare, Kabupaten Sumba Barat 100 hektare, Manggarai Timur 300 hektare, Rote Ndao 100 hektare, Sumba Timur 400 hektare, Sabu Raijua 200 hektare, serta Kabupaten Ende 300 hektare, Flores Timur 100 hektare, serta Kabupaten Ngada 300 hektare.
    Sementara itu empat kabupaten lainnya seperti Kabupaten Malaka, Kabupaten Kupang, Manggarai, dan Nagekeo masing-masing memiliki luas lahan yang sama yakni 500 hektaare.
    “Pastinya semua prajurit di Kodim-Kodim dan Koramil akan diturunkan untuk membantu masyarakat,” tambahnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com