• Kemenag Mataram Mulai Verifikasi Administrasi Calon Haji

    0

    Mataram,jurnalsumatra.com- Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mulai melakukan verifikasi berkas calon jamaah haji musim haji 2016 guna mencegah terjadinya penundaan keberangkatan seperti tahun sebelumnya.
    “Saat ini kami sedang melakukan verifikasi terhadap berbagai administrasi, seperti paspor dan syarat-sayat lainnya yang dibutuhkan jamaah calon haji,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Burhanul Islam di Mataram, Selasa.
    Burhanul yang ditemui usai melakukan rapat koordinasi LPTQ itu mengatakan, verifikasi berkas administrasi jamaah calon haji tersebut dilakukan lebih awal guna menghindari adanya penundaan keberangkatan seperti beberapa daerah di NTB saat  musim haji tahun 2015.
    Penundaan keberangkatan calon jamaah haji pada tahun 2015 itu dikarenakan visa jamaah belum diterima dari Pemerintah Arab Saudi.
    “Karena itulah, upaya ini kami lakukan untuk meminimalkan kejadian-kejadian tahun sebelumnya,” katanya.
    Bahkan, katanya, jika administrasi calon jamaah haji sudah lengkap dalam arti tidak ada perbedaan nama baik di kartu tanda penduduk maupun di akta kelahiran, serta syarat-syarat lainnya, calon jamaah haji disarankan untuk langsung membuat paspor.
    Apalagi, warga Kota Mataram sangat dekat dengan Kantor Imigrasi. “Jadi, kalau semua syarat sudah lengkap sebaiknya calon jamaah haji segera membuat paspor,” ujarnya.
    Ia mengatakan, semakin cepat calon jamaah haji membuat paspor akan semakin baik. Pasalnya, kalau paspor calon jamaah haji sudah ada, pihak Kemenag juga lebih cepat mengirim untuk pengeluaran visa.
    “Pembutan paspor yang dilakukan calon jamaah haji lebih awal dengan menggunakan biaya sendiri, tetapi biaya tersebut akan diganti sebelum jamaah ke tanah suci. Aturan itu khusus bagi calon jamaah haji yang membuat di tahun 2016,” katanya.
    Sementara menyinggung tentang jumlah kota haji tahun 2016, Burhanul belum dapat menyebut angka secara pasti.
    “Kami masih menggunakan estimasi tahun sebelumnya yakni sebanyak 459 orang, sebelum ada kepastian dari pemerintah kita belum berani menyebut angka pasti,” katanya.
    Menurutnya, jumlah kuota  haji setiap kabupaten/kota akan disampaikan sekitar akhir bulan Februari atau pada awal bulan Maret nanti.
    “Jika Pemerintah Arab Saudi merealisasikan janjinya pada Presiden yang akan menambah kuota sebanyak 10 ribu orang tahun 2016, kemungkinan jumlah calon jamaah haji Kota Mataram juga bertambah menjadi sekitar 600 orang,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com