• Kapolda : Anggota Terlibat Politik Di PSU Dipecat

    0

         Ternate, jurnalsumatra.com – Kapolda Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol Zulkarnain Abdinegara berjanji menindak personelnya jika terlibat dalam politik praktis pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Bacan.
    “Kami tak segan menindak oknum anggota jika terbukti terlibat dalam Politik,” katanya di Ternate, Rabu, menanggapi adanya laporan sejumlah pihak mengenai dugaan keterlibatan oknum personel polisi dalam mendukung kandidat tertentu.
    Ia mengatakan, apabila terbukti betul anggota terlibat dalam politik, akan ditindak tegas bila terbukti sampai dengan sidang kode etik Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH).
    Dimana, Polda Malut sendiri bakal mendukung Polres Halsel dalam mengawal pengamanan pelaksanaan Perhitungan Suara Ulang (PSU) di 20 TPS Kecamatan Bacan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI Senin (22/2).
    “Polda akan dukung Polres Halsel dan Kapolda perintahkan Kapolres untuk membuat rencana pengamanan terkait PSU ini, karena nanti akan dijelaskan siapa yang bertugas, kemudian bertanggung jawab pada siapa, dan kemudian perhatikan betul pengamanan suara dan surat suara serta blanko blanko kelengkapan, formulir logistik Pemilukada dan lainnya,” katanya.
    Menurut dia, Kapolda juga meminta kepada seluruh jajaran Polres se-Malut utamanya Polres Halsel agar, kejadian sebelumnya berupa sengketa 20 kotak suara yang dilaporkan hilang itu dijadikan sebagai referensi (pegangan) untuk melangkah lebih lanjut dengan baik.
    Kapolda juga meminta kepada Kapolres Halsel agar jalin juga dengan baik dan himbau baik kepada paslon nonor 4 maupun paslon nomor 1 serta timsukses mereka untuk secara bersama sama menjaga kamtibmas,” ujarnya.
    Selain itu, bagi anggota Polri yang bertugas di dalam pengamanan PSU ini, agar ingat betul netralitas dan betul menjunjung tinggi legalitas sebagai harga mati.
    Oleh karena itu, Kapolda menegaskan kepada Kapolres agar jelaskan kepada anggota yakin betul, anggota paham tentang netralitas supaya tidak terjadi pemicu atau kecurigaan dan akhirnya terjadi keributan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com