• Jurnal “Metasastra” Bakal Hadir Dalam Format Online

    0

        Bandung, jurnalsumatra.com – Balai Bahasa Jawa Barat akan menghadirkan format jurnal kesusastraan “Metasastra” dan “Metalingua” dalam format online sehingga bisa diakses lebih luas oleh masyarakat.
    “Rencananya tahun ini Metasasatra dan Metalingua akan ditampilkan dalam bentuk online, sehingga bisa diakses lebih luas tak hanya di dalam negeri tapi di luar negeri,” kata Kepala Balai Bahasa Jawa Barat M Abdul Khak di Bandung, Rabu.
    Menurut dia, prosesnya saat ini masih terus dimatangkan. Salah satunya menunggu hasil supervisi oleh tim dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

         Supervisi dari LIPI itu, kata dia merupakan salah satu prasyarat untuk materi dan format Metasastra dalam bentuk online karena menyangkut jurnal ilmiah yang berbeda dengan website lain pada umumnya.
    “Tim LIPI saat ini masih melakukan supervisi untuk peralian Metasastra ke format barunya itu. Kami berharap bisa lebih terakses dan menjadi pilihan peminat, pemerhati dan peneliti bahasa,” katanya.
    Meski dipastikan tampil dalam format online yang bisa diakses di dunia maya, namun pencetakan Metasatra dalam bentuk majalah sastra tetap akan dipertahankan, meski jumlahnya tidak banyak.

        “Bentuk cetak Metasastra tetap dicetak dalam jumlah terbatas, untuk dokumen dan juga perpustakaan,” katanya.
    Melalui format barunya itu, Metasatra nantinya bisa diakses di internet. Bila sebelumnya jumlah pembacanya terbatas pada mereka yang bisa mendapatkan Metasastra, namun dengan adanya versi online maka pembaca lebih luas dan bisa menembus ruang dan waktu.
    “Begitu diperkenalkan dalam beberapa hari, sudah ada 499 pengunjung. Pengunjungnya tak hanya dari dalam negeri, tapi juga di luar negeri,” katanya.

         Abdul Khak menyebutkan, pengunjung Metasastra online dalam tahap uji coba itu mendapat kunjungan pengunjung dari 11 negara.
    Ia berharap dengan format baru itu bisa meningkatkan efektifitas syiar sastra Indonesia tak hanya di lingkungan terbatas, tapi juga pembaca yang lebih luas. Selain itu diharapkan terjalin diskusi yang lebih intensif dan langung.
    Metasastra isinya antara lain artikel-artikel ilmiah kesusasteraan serta juga resensi buku. Selain itu juga memuat berbagai kegiatan keseusastraan yang dilakukan oleh Balai Bahasa Jabar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com