• Jembatan Denpasar-Gilimanuk Mulai Dibuka Untuk Truk Besar

    0

    Negara, jurnalsumatra.com – Jembatan di jalan raya Denpasar-Gilimanuk, Bali, yang putus beberapa waktu lalu, mulai dibuka untuk truk dan bus besar meskipun kapasitasnya dibatasi karena masih darurat.
    Di jembatan yang masuk wilayah Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, Bali, Senin, petugas gabungan dari kepolisian, perhubungan dan Balai Jalan Nasional Wilayah 8 mengawasi dan mengatur truk maupun bus yang akan melintas.
    Sebagai pengganti bagian tengah jembatan yang putus, digunakan sisi kiri dan kanan jembatan yang masih utuh dan merupakan bangunan baru, yang dulu disambungkan ke jembatan lama untuk memperlebarnya.
    Meskipun pelan-pelan, truk dan bus besar bisa menggunakan sisa jembatan yang putus tersebut tanpa hambatan berarti.
    Namun agar bisa lewat di jembatan darurat ini, petugas membatasi kapasitas angkut truk maksimal 50 ton untuk truk dengan tiga sumbu (tiga jejer roda di belakang).
    Terkait dengan pembatasan tersebut, sempat terjadi protes kecil dari beberapa sopir yang sudah antri, karena terjadi perbedaan pendapat dan perhitungan muatan mereka dengan petugas.
    Namun protes itu tidak berlangsung lama, setelah petugas memperbolehkan mereka lewat dengan menunjukkan surat bukti berat muatan yang didapat dari jembatan timbang di Kelurahan Gilimanuk.
    Sebelumnya agar truk dan bus besar bisa lewat, sempat direncanakan beberapa skenario seperti pemasangan jembatan darurat (bailey) yang sudah didatangkan ke lokasi.
    Tapi rencana tersebut dibatalkan, setelah dari penghitungan teknis, dua sisi pinggir jembatan yang tersisa masih bisa dilintasi kendaraan berat, karena merupakan bangunan baru.
    Saat jembatan ini putus Sabtu (23/1) malam, dilakukan pengalihan jalur untuk kendaraan kecil melewati jalur desa di wilayah Kabupaten Jembrana, sementara truk dan bus besar dialihkan melalui jalur Kabupaten Buleleng dengan jarak tempuh lebih jauh.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com