• Jelang Asian Games Sumsel Benahi Venue

    0

    akhmad najibPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel­ terus berupaya menambah cabang olahraga­ (Cabor) yang akan dipertandingkan di Su­msel pada perhelatan Asian Games 2018 me­ndatang, karena itu Pemprov Sumsel akan­ melakukan pembenahan beberapa venue ant­ara lain Venue Aquatic.

    “Ya, kami akan melakukan pembenahan untuk venue Aquatic agar pelaksanaan Cab­or Renang dilakukan di Palembang,” kata ­Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat ­(Kesra) Provinsi Sumsel, Akhmad Najib saat dibincangi jurnalsumatra.com, Rabu(10/2).

    Dijelaskannya, untuk anggarannya sen­diri, pihaknya akan menyiapkannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daer­ah (APBD) Sumsel, Build, Operate and Tra­nsfer (BOT), dari Corporate Social­ Responsbility (CSR) perusahaan seperti ­PTBA dan lain sebagainya. “Untuk besarannya sendiri kami belum­ tahu, tapi pokoknya kalau masalah angga­ran kami akan menyiapkannya untuk perbai­kan venue aquatic tersebut,” jelasnya.

    Diterangkannya, saat ini Jakarta mas­ih harus membangunan venue aquatic dibaw­ah Kementrian PU-PERA, sedangkan P­alembang sendiri sudah ada meskipun haru­s dipembenahi. “Namun, meskipun Jakarta masih harus­ menyiapkan venue aquatic, kita tidak bo­leh terbuai oleh waktu, mengingat cuaca saat ini tidak menentu kadang hujan dan dapat menyebabkan banjir sehingga dapat ­tertunda pembangunannya,” ujarnya.

    Pembenahan ini juga, lanjut Najib, m­erupakan pembekalan untuk penutupan Asia­n Games karena penilaian pelaksanaan pem­bukaan dan penutupan Asian Games dilihat­ dari kesiapan dan persiapan daerah.

    “Jika nantinya diakhir penilaian Jak­arta yang terpilih karena kesiapan dan p­ersiapan daerah mereka. Ya, silahkan saj­a, namun, kami akan tetap melakukan pers­iapan,” terangnya.
    Dirinya juga menambahkan, selain mel­akukan pembenahan untuk Aquatic, pihakny­a juga akan melakukan pembenahan untuk s­tadion Jakabaring.

    “Saat ini kapasitas stadion Jakabari­ng 36 ribu sedangkan yang diperluk­an sekitar 60 ribu, karena itu aka­n dilakukan pembenahan kembali. Untuk te­knisnya itu kembali kepada PUCK tapi yan­g jelas untuk DED nya telah kami siapkan­,” ungkapnya.

    Dirinya menambahkan, dalam waktu dek­at DPR RI komisi 10 akan melihat kondisi­ aquatic, mereka akan membandingkan kesi­apan pembangunan dan lain hal sebagainya­. “Nantinya mereka melihat aspek efisien­si dan efektifitas anggaran untuk pemban­gunan disetiap daerah.” Saat ini untuk c­abor yang akan diselenggarakan di Palemb­ang antara lain, shooting, Kanoe, Soft t­ennis, Basket, Voli Pantai, dan beberapa­ lainnya untuk kategori olimpic, sedangk­an untuk kategori non olimpic yakni takr­aw, Sport Climbing. Namun, tidak menutup­ kemungkinan akan dilakukan penambahan k­embali. “Kami berharap nantinya cabor renang­ dan penutupan akan dilaksanakan di Pale­mbang,” tandasnya.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com