• Indonesia Diharap Mendamaikan Konflik Laut Tiongkok Selatan

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Indonesia diharapkan menjadi penengah untuk mendamaikan sengketa antar-negara yang mengklaim wilayah di Laut Tiongkok Selatan.
    “Kami berharap sebagai Wakil Presiden Indonesia dan juga anggota APRC untuk menjadi penengah dan membawa harapan untuk perdamaian di Laut Tiongkok Selatan,” kata Ketua Asian Peace and Reconciliation Council (APRC) Surakiart Sathirathai di Jakarta, Senin.
    Hal itu disampaikan Sathirathai usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres di Jakarta untuk membicarakan solusi Laut Tiongkok Selatan.
    Dalam pertemuan itu dibicarakan tentang upaya mengurangi ketegangan di wilayah tersebut. Juga dibicarakan tentang kemungkinan negara-negara yang bersengketa untuk menindaklanjuti kerja sama dalam bidang ekonomi seperti pengembangan area minyak dan gas.
    “APRC melihat posisi Indonesia bagus untuk mengajukan kemungkinan solusi untuk menciptakan perdamaian di wilayah tersebut,” tambah dia.
    Dia mengatakan pembicaraan lebih lanjut akan dilakukan kemungkinan pada pertengahan atau akhir tahun.
    “Tapi kami tidak harus menunggu ‘ASEAN Summit’. Tergantung Indonesia kapan saja,” tambah Sathirathai.
    Wapres Kalla menyakini pandangan Presiden Tiongkok Xi Jinping bahwa negara tersebut merupakan negara industri yang ingin memperlancar perdagangan.
    “Kalau negara ingin memperlancar impor ekspornya otomatis ingin suatu jalur pelayanan yang damai, jadi tidak mungkin menurut saya Tiongkok bukan niatnya untuk menguasai wilayah itu secara kekuatan,” kata Kalla.
    Menurut Kalla, jika jalur laut tersebut tidak aman maka ekspor Tiongkok pasti akan menurun.
    “Kalaupun di sana ada kekayaan alam yang ingin dieksploitasi jalan yang terbaik adalah bekerja bersama-sama untuk eksplorasi sesuai dengan wilayah masing-masing,” tambah Wapres Kalla.
    Selamat ini Laut Tiongkok Selatan disengketakan sejumlah negara termasuk Tiongkok, beberapa negara ASEAN seperti Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia dan Vietnam.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com