• Hati Hati Pilih Perguruan Tinggi

    0

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Calon Mahasiswa Baru (Maba) harus lebih pintar dan berhati-hati dalam mencari PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang akan dipilih untuk melanjutkan pendidikan, Pasalnya berdasarkan data Kompertis Wilayah II Sumbagsel-Babel, masih ada saja PTS yang sampai saat ini tidak aktif karena berbagai alsan.

    Kepala Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II Prof Dr Diah Natalisa MBA mengatakan kompertis yang tidak aktif tersebut diakibatkan oleh berbagai masalah, mulai dari eksternal bahkan internal. “Dengan masih adanya PTS yang tidak aktif tersebut Maba harus berhati-hati dan pinter memilih PTS untuk melanjutkan pendidikan,” ujarnya kemarin.

    Dia mengatakan di Sumsel sendiri memiliki sebanyak 107 PTS. Namun, terdapat 3 PTS yang nonaktif karena belum memenuhi syarat legal. “Masyarakat harus hati-hati memilih PTS, untuk mengecek PTS yang aktif dan non-aktif bisa di website www.forlap.dikti.go.id,” ungkapnya.

    Dijelaskan, untuk lebih teliti lagi Mahasiswa juga harus melihat kualifikasi donsen yang ada di PTS tersebut. “Selain itu, jangan memilih PTS yang sedang terjadi konflik internal, karena tentunya PTS tersebut tidak bisa melaksanakan perkuliahan dengan baik yang tentunya akan merugikan mahasiswa,” bebernya.

    Ia menambahkan, PTS yang dikatakan legal berdasar surat edaran Dikti memiliki enam kriteria. Yaitu, memiliki akta pendirian yayasan yang disahkan Kemenkumham, izin pendirian dari Kemenristek-Dikti, tidak menyelenggarakan program kelas jauh, menyelesaikan laporan pangkalan data perguruan tinggi (PDPT), sudah atau memproses pengajuan akreditasi dari BAN-PT, dan tidak memiliki konflik in- ternal dalam kepemilikan.

    “Saya menghimbau kepada calon mahasiswa baru untuk lebih pintar memilih PTS agar tidak ada gangguan ketika menjalankan pendidikan nantinya,” pungkasnya.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com