• Gubernur Sulut: BPK Bantu Di Masa Transisi

    0

        Manado, jurnalsumatra.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membantu pemerintah provinsi dalam mengelola keuangan berbasis akrual di masa transisi dan pascadilantik.
    “Di masa transisi  sudah harus menyusun laporan keuangan pemerintah daerah atau LKPD yang berbasis akrual. Tinggal bagaimana sekarang ini kita melaksanakan tugas dan tanggung jawab itu (menyusun laporan),” kata Gubernur pada rapat evaluasi permasalahan penyusunan LKPD 2015 di Manado, Senin.
    Gubernur dalam rapat evaluasi yang dihadiri Ketua BPK RI Harry Azhar Azis mengatakan, apabila tidak diberikan arahan dikhawatirkan jumlah kabupaten dan kota yang meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) semakin menurun.
    “Saat ini sudah 10 pemerintah kabupaten dan kota termasuk provinsi yang meraih opini WTP dari BPK. Mudah-mudahan capaian WTP semakin meningkat lagi,” ujarnya.
    Menurut politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, penyusunan LKPD harus dicermati sebaik-baiknya sehingga laporan yang disampaikan ke BPK untuk diaudit tidak terjadi kesalahan.
    “Mudah-mudahan apabila ditemukan kesalahan masih bisa dimaafkan, ini masa transisi, dan saya kira hal ini harus dipahami,” ujarnya.
    Karena itu gubernur mengharapkan, BPK memberikan arahan terhadap penyusunan LKPD sehingga kesalahan-kesalahan penyajian laporan tidak terjadi.
    “Keinginan kita adalah menyempurnakan pengelolaan keuangan daerah agar berkembang lebih baik lagi. Sekarang ini ada paradigma baru yaitu berbasis akrual. Mari kita saling menopang dalam rangka menyelaraskan program pemerintah pusat, provinsi dan daerah dalam mempertahankan opini WTP,” ajaknya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com