• Gubernur: Kampung KB Upaya Tingkatkan Kualitas Hidup

    0

        Bandarlampung, jurnalsumatra.com -  Program Kampung Keluarga Berencana di Provinsi Lampung merupakan kebijakan pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat hingga ke tingkat bawah, kata Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo.
    “Pemerintah Provinsi Lampung telah ‘melaunching’ Program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) Saburai, yaitu program penanggulangan kemiskinan dengan menyinergikan seluruh sektor pembangunan, termasuk program KB,” kata dia di Bandarlampung, Kamis.

        Ia menjelaskan program tersebut bentuk konkret  pengimplementasian salah satu sembilan program prioritas pemerintah pusat, Nawacita, di mana pada cita ketiga dimaksudkan memprioritaskan pada desa-desa tertinggal secara geografis maupun terkait dengan penanganan pembangunan.
    Sebagai wujud dari Program Gerbang Desa, katanya, sudah ditetapkan 100 desa sasaran, salah satunya Desa Gunung Agung, Kecamatan Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah.

         Di daerah tersebut, saat ini dilaksanakan kegiatan sebagai simbol dimulainya Program Gerbang Desa yang dipadukan dengan Gerakan Kampung KB.
    Ia mengungkapkan bahwa pertambahan jumlah penduduk saat ini merupakan isu yang harus disikapi bersama, di samping harus berusaha meningkatkan kualitas penduduk.
    Bila laju pertumbuhan penduduk tidak dapat  dikendalikan dan kualitas penduduk rendah, katanya, akan sulit melakukan upaya pengentasan kemiskinan dan akan berdampak pada banyaknya gejolak sosial di masyarakat, serta kesenjangan sosial.

        Ia meminta program KB terus dilaksanakan dan ditingkatkan, khususnya terkait dengan sasaran Gerbang Desa Saburai, sehingga jangkauan pelayanan dan kualitas pelayanan KB dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnya dan khususnya kepada masyarakat kurang mampu.
    Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo telah mencanangkan Kampung Keluarga Berencana di Dusun IV, Kampung Gunung, Agung, Terusan Nunyai, Kabupaten Lampung Tengah.

         Melalui pencanangan itu, diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam membatasi laju pertumbuhan penduduk.
    Menurut dia, pertumbuhan penduduk yang semakin pesat tentu akan memengaruhi ketersediaan pangan serta kesejahteraan masyarakat.
    Ridho mengatakan pencanangan Kampung KB dapat diterapkan semaksimal mungkin sehingga ke depan kesejahteraan masyarakat semakin tinggi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com