• Gubernur Apresiasi Penerbitan Kilas Balik Sail Tomini

    0

    Palu, jurnalsumatra.com – Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola memberikan apresiasi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah yang berinisiatif menerbitkan buku ‘Kilas Balik Sail Tomini’ 2015.
    “Ini akan menjadi bukti sejarah bahwa Sulawesi Tengah pernah menggelar acara kemaritiman berskala internasional dengan sangat sukses,” katanya usai membubuhkan tandatangannya pada kata pengantar buku tersebut di lokasi tambak udang supra intensif Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng di Kelurahan Mamboro, Palu, Sabtu.
    Sail Tomini 2015 digelar di Dusun Kayubura, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, pada 19 September 2015 yang puncak acaranya dihadiri Presiden Joko Widodo dan disaksikan sedikitnya 10.000 warga.
    Kegiatan ini dimeriahkan antara lain berbagai kegiatan sosial dan ekonomi serta parade ratusan kapal nelayan yang diikuti enam kapal perang negara sahabat yakni dari Korea Selatan, Australia, Singapura, Malaysia dan Vietnam serta 28 kapal perang milik TNI Angkatan Laut.
    Dalam kata pengantar buku tersebut, gubernur mengemukakan bahwa Sail Tomini 2015 merupakan momentum bagi berkembangnya industri maritim berbasis pemberdayaan masyarakat desa di daerah ini.
    “Tumbuhnya industri maritim tersebut akan menjadi faktor pemicu perkembangan ekonomi lokal. Hal ini sekaligus sebagai wahana bagi pelestarian nilai sosial budaya, lingkungan dan peningkatan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.
    Industri maritim tersebut tidak hanya terkait pemanfaatan hasil laut berupa ikan, tetapi juga pengembangan potensi kemaritiman lainnya seperti pertambangan, kepariwisataan, transportasi dan pengembangan ilmu pengetahuan.
    Buku Kilas Balik Sail Tomini 2015 ini berisi gambar dan narasi hasil karya beberapa jurnalis di Kota Palu mulai saat kegiatan akbar ini dirintis pada 2011 sampai puncak acara pada 19 September 2015.
    “Isi buku ini tidak hanya terkait Sail Tomini saja, tetapi semua kegiatan sampingan yang digelar oleh berbagai instansi pemerintah dan kelompok masyarakat terkait Sail Tomini, termasuk Festival Boalemo yang digelar di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, 10 hari sebelum puncak acara Sail Tomini di Parigi, 19 September 2015,” kata Saldyansyah, penanggung jawab penerbitan buku tersebut.
    Kepala Dinas KP Sulteng Hasanuddin Atjo menyebutkan buku setebal 100 halaman ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi atas segala bantuan, dukungan dan kerja sama semua pihak dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.
    “Semoga semua kerja keras yang telah dilakukan bernilai amal ibadah dan mendapat balasan berlipat dari Allah SWT,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com